Sri Mulyani Setop Penyaluran Dana Desa ke Desa Bermasalah!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
19 November 2019 16:58
Sri Mulyani Setop Penyaluran Dana Desa ke Desa Bermasalah!
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah bakal menghentikan penyaluran Dana Desa ke sejumlah desa yang tidak memiliki kelengkapan administrasi. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Astera Primanto Bhakti.

Penghentian ini berkaitan dengan dugaan desa fiktif yang ternyata terjadi karena adanya malaadministrasi. Namun, Astera belum memerinci jumlah desa yang harus 'puasa' dari asupan Dana Desa.

"Jadi kalau saya ditanya berapa yang disalurkan ke desa bermasalah ini, kita masih nunggu di Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) yang masalah berapa," ungkapnya dalam sebuah diskusi di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Selasa (19/11/2019).


Dia menegaskan bahwa segala persoalan yang terjadi di lapangan, terkait penyelenggaraan pemerintahan di desa menjadi domain dari Kemendagri.

"Terkait masalahnya, sekarang kami akan freeze dulu, gak akan kita cairkan. Kita harap ada klarifikasi yang jelas," tandasnya.



Selama ini, Dana Desa disalurkan melalui transfer rekening keuangan negara (RKN) ke transfer rekening daerah (RKD). Pada tahap RKD tingkat II, Astera bilang, Kemenkeu punya wewenang untuk menyetop transaksi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kelengkapan administrasi juga jadi pertimbangan penyaluran Dana Desa tahun berikutnya. Desa tanpa kelengkapan administrasi yang benar, seperti adanya perangkat desa dan masyarakat, akan dipertimbangkan tidak menerima Dana Desa pada tahun berikutnya.

"Masalah kerugian negara, masalah dibelakangnya lagi, karena di sistemnya satu kabupaten misal jatahnya 100 yang tidak disalurkan misalnya 20 karena tidak memenuhi syarat, maka tahun berikutnya tidak kita salurkan. Jadi ini mekanisme yang bisa kita harapkan juga memperbaiki tata kelolanya," kata Astera.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading