Janji Menhub, LRT Jabodebek Selesai 1,5 Tahun Lagi

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
11 November 2019 14:22
Menhub menjanjikan 1,5 tahun untuk menyelesaikan proyek LRT.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan kereta api ringan (Light Rapid Transit/LRT) tahap I Jabodebek terus dikerjakan. Hingga 1 November 2019, pembangunan lintas LRT telah mencapai 67,3%.

Jika tak ada aral melintang, maka operasional LRT akan dimulai pada pertengahan 2021. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta PT Adhi Karya Tbk dan PT Kereta Api Indonesia Tbk untuk sungguh-sungguh mengerjakan proyek ini.

"Proyek ini akan kita selesaikan dalam kurun waktu 1,5 tahun mendatang," kata Budi Karya dalam sambutan seremonial pengecoran terakhir jembatan lengkung LRT, Kuningan, Jakarta, Senin (11/11/2019).


Kehadiran LRT akan menjadi moda transportasi pilihan masyarakat di Jakarta dan sekitarnya. Lintas LRT tahap I terbagi 3 di antaranya, Cawang-Cibubur, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan lintas Cawang-Bekasi Timur.

Budi menambahkan, LRT menjadi satu alternatif untuk angkutan massal Indonesia. Berhasilnya proyek LRT Jabodebek akan menjadi dorongan pemerintah untuk membangun LRT di kota lain antara lain, Surabaya, Medan, Bandung, dan Makassar.

Progress pembangunan LRT Jabodebek Tahap I per 1 November telah mencapai 67,3%. Awal Oktober lalu, rangkaian kereta LRT Jabodebek telah dikirim oleh PT INKA (Persero).



Dirut PT Adhi Karya, Budi Harto mengatakan, LRT telah melaksanakan dynamic test rangkaian LRT di lintas Cawang-Cibubur.  Item tes meliputi Traction System Test, Low Speed Test, High Speed Test, Traction Performance Test, dan PID (Passenger Information Display) System Test.

Budi mengatakan untuk tahap II lintas Cibubur-Bogor masih dalam desain. Pihaknya menunggu keputusan pemerintah untuk menggarap proyek lanjutan ini.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading