Top! Selain DKI & Palembang, Kota-Kota Ini Bakal Ada LRT Lho

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
11 November 2019 12:53
Top! Selain DKI & Palembang, Kota-Kota Ini Bakal Ada LRT Lho
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah menyelesaikan kereta api ringan (Light Train Transit/LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) pada 2021 nanti, pemerintah berencana melanjutkan pembangunan LRT di kota lain. Saat ini LRT sudah terbangun di Palembang, dan menyusul di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek).

"Jika di sini berhasil, kita melaksanakan ini di kota-kota lain Surabaya, Bandung, Makassar, Medan sudah menunggu," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutan di seremonial pengecoran terakhir jembatan lengkung LRT, Kuningan, Jakarta, Senin (11/10/2019).

Pembangunan LRT sendiri tak lepas dari keahlian insinyur Indonesia. Jembatan lengkung yang melintang di kawasan Kuningan dirancang oleh arsitek lokal Arvilla Delitriana.




Budi Karya berpesan kepada PT Adhi Karya Tbk dan PT Kereta Api Indonesia Tbk selaku pengembang proyek LRT Jabodebek, termasuk jalur Cawang-Kuningan, untuk sungguh-sungguh mengerjakan proyek ini. Ia mengatakan pemerintah akan memberikan dukungan. Selain itu, pembangunan LRT ke depan diharapkan bisa lebih efisien dari segi harga.

"Kita harap ada inovasi dari segi efisiensi harga karena kalau kita bangun di setiap kota dengan harga kompetitif akan memberikan solusi bagi kota-kota lain," ucap Budi.

Progres pembangunan LRT Jabodebek tahap I per 1 November telah mencapai 67,3%. Untuk lintas Cawang-Cibubur pengerjaan telah mencapai 86,2%, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 58,3%, lintas Cawang-Bekasi Timur mencapai 60,5%.

Operasional LRT Jabodebek tahap I ditarget berlangsung pada 2021 mendatang di semua lintas.



[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading