Internasional

Mengintip Sejarah Saudi Aramco, Raksasa Migas yang Bakal IPO

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
06 November 2019 08:31
Berikut sejarah Saudi Aramco
Jakarta, CNBC Indonesia - Saudi Arabian Oil Co (Aramco) dijadwalkan untuk melakukan penawaran publik perdana (initial public offering/IPO) dalam waktu dekat. Ini akan membuatnya mendapat gelar perusahaan terdaftar (listed company) paling berharga di dunia.

Raksasa minyak milik negara Arab ini pada hari Minggu (3/11/2019), telah mengumumkan niatnya untuk mengapung di bursa saham Riyadh. Perusahaan juga mengatakan persentase saham yang akan dijual akan ditentukan pada akhir periode book-building.


Beberapa sumber mengatakan Aramco diperkirakan akan menawarkan 1%-2% sahamnya di bursa lokal. Itu berarti perusahaan akan memperoleh sekitar US$ 20 miliar - US$ 40 miliar dana.


Aramco adalah produsen minyak terbesar di dunia, memompa 10% dari total pasokan dunia. Aramco juga merupakan perusahaan paling menguntungkan di dunia.

Tahun ini, penurunan harga minyak yang tajam telah mengurangi laba bersih semester pertama perusahaan sebesar 12% menjadi US$ 46,9 miliar. Namun, angka tersebut masih mengalahkan Apple Inc., listed company yang paling menguntungkan di dunia yang mencatatkan pendapatan sebesar US$ 31,5 miliar.

Tahun lalu, Aramco menghasilkan laba bersih tahunan sebanyak US$ 111 miliar. Jumlah ini sepertiga lebih besar dari gabungan laba bersih lima perusahaan raksasa lainnya yaitu Exxon Mobil, Royal Dutch / Shell, BP, Chevron, dan Total.


Untuk mendiversifikasi bisnis minyaknya, Aramco melakukan ekspansi dalam bisnis penyulingan dan petrokimia. Perusahaan menargetkan untuk menaikkan hampir tiga kali lipat produksi kimianya menjadi 34 juta ton per tahun pada tahun 2030 dan meningkatkan kapasitas penyulingan global menjadi 8-10 juta barel per hari (bpd) dari lebih dari 5 juta bpd.

Berikut adalah beberapa fakta utama tentang sejarah, cadangan, dan operasi Aramco, seperti dikutip dari Economic Times.

[Gambas:Video CNBC]



HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading