Internasional

Aneh! Negara China Tapi UU Hong Kong Disahkan AS

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
17 October 2019 15:39
Jakarta, CNBC Indonesia - Situasi Hong Kong terus memanas. Kali ini, membaranya Hong Kong menyeret Amerika dalam konflik dengan China.

Ini dimulai dengan kedatangan Joshua Wong, pemimpin aktivis pro demokrasi China ke AS beberapa bulan lalu. Wong ke AS, khusus ke parlemen untuk meminta dukungan atas demokratisasi kota itu, dengan pembuatan RUU khusus untuk Hong Kong.


Bak gayung bersambut, Selasa (15/10/2019) parlemen AS resmi meloloskan UU HAM dan Demokrasi Hong Kong. UU ini akan mengizinkan pemerintah AS mengakses politik di Hong Kong guna menjustifikasi apakah perlu perubahan sikap dilakukan pada kota yang entitas perdagangannya berbeda dari China daratan.


Jika UU ini ditandatangani Presiden AS Donald Trump, maka resmi aturan ini bisa berlaku di Hong Kong. Hal ini tentulah menjadi aneh. Hong Kong adalah bagian dari China tapi mengapa AS mengesahkan UU khusus untuk wilayah itu?

Perlakuan Khusus di Bawah UU AS

Hong Kong memang bagian dari China. Namun, sebenarnya wilayah bekas koloni Inggris ini memiliki hukum dan sistem ekonomi yang berbeda dengan China daratan, yang disebut One Country Two Systems.

Ini yang membuat Hong Kong bisa menikmati perlakuan khusus di bawah UU AS. Saking istimewanya, sebagaimana dikutip dari BBC, sanksi ekonomi yang diberikan AS ke China-pun tidak akan berpengaruh ke Hong Kong karena memiliki status perdagangan khusus.

Melalui hukum UU yang sudah diloloskan AS, negara paman Sam akan menilai apakah China telah mengikis kebebasan sipil dan supremasi hukum Hong Kong sebagai mana dilindungi oleh Hukum Dasar Hong Kong.

Penduduk Hong Kong juga bisa mendapatkan visa AS, bahkan jika mereka telah ditangkap karena menjadi bagian dari pengunjuk rasa.

Dalam UU itu, semua yang bertanggung jawab untuk menculik dan menyiksa orang karena menggunakan hak asasi manusia yang diakui secara internasional dan dilarang AS bakal dijatuhi sanksi.



BERSAMBUNG KE HAL 2>>>

Bagaimana Bisa UU Lolos?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading