Misteri Menteri Baru Jokowi, Apa Budi Karya Masih Bertahan?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
17 October 2019 12:08
Misteri Menteri Baru Jokowi, Apa Budi Karya Masih Bertahan?
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Usai melakukan pertemuan internal, Budi Karya mengaku hanya membahas perkembangan sejumlah proyek strategis di bidang infrastruktur transportasi bersama Jokowi.

"Memang kalau dengan pak Presiden kan saya update ya. Jadi saya update saja apa yang sudah dilakukan," kata Budi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.


Dalam polling 'Bantu Jokowi Cari Menteri' yang dilakukan detik.com, mayoritas pembaca memilih Budi Karya Sumadi sebagai kandidat kuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Saat ini, Budi Karya menduduki kursi Menteri Perhubungan. BUMN bukanlah sesuatu yang baru buat Budi Karya, karena pernah menjabat sebagai direktur utama PT Angkasa Pura (Persero) II.
Misteri Menteri Baru Jokowi, Apa Budi Karya Masih Bertahan?Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)

Ketika disinggung apakah pertemuan dengan Jokowi ikut membahas kemungkinan dirinya kembali mengisi jajaran kabinet pemerintahan, Budi Karya enggan menanggapi.

"Belum. Saya melaporkan beberapa kegiatan di pelabuhan. Itu saja," tegas Budi Karya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga menghadap Jokowi, Selasa (15/10/2019).

Jokowi memang sudah terbiasa memanggil jajaran kabinetnya, tanpa sepengetahuan awak media. Namun kali ini, mungkin ada satu hal serius yang ingin dibicarakan secara khusus kepada Sri Mulyani maupun Luhut Pandjaitan.

Beberapa sumber CNBC Indonesia yang ikut dalam menyusun struktur nomenklatur kabinet baru Jokowi memastikan bahwa Sri Mulyani dan Luhut Binsar Pandjaitan akan tetap berada di tubuh kabinet Jokowi.

"Sri Mulyani bertahan. Masih sebagai Menkeu," kata sumber tersebut.

"Pak Luhut itu pembantu Presiden yang kerap pasang badan. Sekali eksekusi beres. Walaupun nggak nyambung sebagai Menko Maritim dan banyak musuhnya," kata salah seorang pejabat di lingkungan Istana.

"Tapi kinerjanya banyak membawa investor masuk dan sebagai Ketua Panitia Nasional Penyelenggara Pertemuan Tahunan IMF-World Bank patut diacungi jempol,"

Sri Mulyani, usai bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan membantah ketika disinggung apakah pertemuannya dengan Jokowi ikut membahas potensinya dirinya kembali mengisi jajaran kabinet.

"Enggak," kata Sri Mulyani singkat.

Tak hanya Sri Mulyani, Luhut Pandjaitan juga enggan berkomentar banyak mengenai kepastian dirinya bertahan sebagai menteri. Hal ini ditegaskan Luhut usai bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan.

"Ya kalau saya ngomong, masa saya cerita ke kamu," tegas Luhut.

Luhut berkilah, bahwa pertemuannya dengan Jokowi hanya menyampaikan perkembangan terbaru atas minat investasi yang datang dari Uni Emirat Arab (UEA) beberapa waktu yang lalu. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading