Mengintip Mukesh Ambani, Crazy Rich India Berharta Rp 719 T

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 October 2019 13:09
Mengintip Mukesh Ambani, Crazy Rich India Berharta Rp 719 T
Jakarta, CNBC IndonesiaMemiliki kekayaan mencapai US$ 51,4 miliar atau setara Rp 719 triliun, Mukesh Ambani berhasil menyabet gelar orang terkaya di India 2019 versi Forbes, Kamis (10/10/19). Ia telah menyabet gelar tersebut selama 12 tahun berturut-turut.

Ambani juga berhasil mengalahkan Pendiri Alibaba Jack Ma, sebagai orang terkaya di Asia pada Juli 2018. Di urutan dunia, Ambani berhasil menduduki posisi ke-15 orang terkaya di dunia pada tahun ini.

Berdasarkan laporan lainnya oleh Forbes pada 2017, keluarga Ambani juga merupakan keluarga terkaya di Asia, dengan kekayaan mencapai US$ 44,8 miliar.


Kekayaan Ambani diperolehnya dari mengepalai dan mengelola perusahaan raksasa minyak dan gas Reliance Industries. Pada 2016, ia mendirikan perusahaan telekomunikasi jaringan 4G, Jio, salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di negara itu.


Ambani memperoleh Reliance Industries dari ayahnya, Dhirubhai Ambani, yang mendirikan perusahaan itu pada 1966. Saat ini perusahaan tersebut telah bernilai US$ 100 miliar dan merupakan salah satu perusahaan paling berharga di India.

Mengintip Mukesh Ambani, Crazy Rich India Berharta Rp 719 TFoto: Mukesh Ambani (Reuters)


Pada akhir tahun lalu, keluarga Ambani berhasil masuk trending berita dunia saat menggelar pesta pernikahan super mewah dari Isha Ambani, anak perempuan Ambani. Menurut laporan Business Insider, dalam pesta pernikahan berbiaya sekitar US$ 100 juta itu dihadiri bintang tamu populer mulai dari Priyanka Chopra dan Nick Jonas, Hillary Clinton, hingga Arianna Huffington. Bahkan, dalam acara itu Beyonce juga diundang sebagai pengisi acara.

Dalam kehidupan sehari-hari, Ambani sendiri juga terkenal memiliki kehidupan mewah. Ia dan keluarganya dilaporkan tinggal di salah satu hunian termahal di dunia, yaitu rumah gedung seluas 400.000 kaki persegi yang dinamai Antilia, di kota Mumbai, India.


Ambani dilaporkan menghabiskan sekitar US$ 1 miliar- US$ 2 miliar untuk membangun rumah tersebut. Biaya konstriksi itu setara dengan biaya untuk membangun 7 gedung World Trade Center, gedung perkantoran 52 lantai di kota Manhattan, Amerika Serikat (AS).

Antilia merupakan gedung setinggi sekitar 173 meter yang di dalamnya terdapat 6 lantai tempat parkir bawah tanah, 3 landasan helikopter, dan memiliki sekitar 600 asisten rumah tangga. (wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading