Dililit Utang, Pria Ini Keluar Dari Daftar Crazy Rich India

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
14 October 2019 16:19
Dililit Utang, Pria Ini Keluar Dari Daftar Crazy Rich India
Jakarta, CNBC IndonesiaBerharta sebanyak US$ 51,4 miliar atau setara Rp 719 triliun, Mukesh Ambani adalah orang terkaya di India 2019 versi Forbes. Ia bahkan telah menduduki posisi teratas itu selama 12 tahun terakhir.

Namun, tidak demikian dengan adik kandungnya, Anil Ambani. Nasib malang yang menimpa pria berusia 60 tahun ini membuatnya harus keluar dari daftar orang terkaya Forbes tahun ini. Padahal, pada 2008 lalu, Anil menduduki posisi keenam orang terkaya India, dengan kekayaan senilai US$ 42 miliar.

Pada awal tahun ini pun Anil masih merupakan salah satu orang terkaya, dengan harta sebanyak US$ 1,7 miliar. Tetapi, pada Mei 2019 ini, Bloomberg melaporkan kepemilikan Anil di perusahaan telah merosot menjadi sekitar US$ 120 juta.


Menurut sejarah, pada awalnya kedua kakak-beradik ini bekerja di perusahaan ayah mereka Dhirubhai Ambani, Reliance Industries. Mereka kerap kali saling membantu dalam menyelesaikan masalah bisnis satu sama lain. Namun, setelah Dhirubhai meninggal pada 2002, hubungan mereka menjadi renggang akibat memperebutkan kepemimpinan di perusahaan.


Namun kemudian, ibu mereka, Kokilaben, membuat kesepakatan untuk mereka. Kokilaben membagi bisnis, memberikan perusahaan minyak dan kimia pada Mukesh, sementara Anil memegang perusahaan telekomunikasi dan listrik.

Terbelit Utang, Pria Ini Keluar Dari Daftar Orang Terkaya IndFoto: Mukesh D. Ambani (REUTERS/Francis Mascarenhas)


Meski begitu, perselisihan kerap kali terjadi di antara mereka. Bahkan, Anil pernah menuntut Mukesh hingga diadili di Mahkamah Agung India.

Mengutip laporan South China Morning Post, kedua kakak-beradik itu tinggal berdampingan pada saat itu. Namun, banyak laporan menyebut bahwa mereka dan kedua keluarga mereka jarang sekali berinteraksi.


Pada 2016, Mukesh mendirikan perusahaan telekomunikasi Reliance Jio, salah satu perusahaan saingan utama perusahaan telekomunikasi milik Anil, Reliance Communications. Akibat hal ini juga bisnis Anil mengalami kekacauan hingga harus tutup. Pada 2017, Jio membeli Reliance Communications seharga US$ 3 miliar.

Karena terbelit utang pada perusahaan telekomunikasi Swedia, Ericsson, senilai US$ 77 juta, Anil juga terancam dipenjara. Namun, Mukesh kemudian membayarkan utang milik Anil dan menyelamatkannya dari penjara.

Menurut laporan Business Today, kekayaan Anil pada Juli 2019 hanya tersisa US$ 50 juta. Jumlah ini jauh lebih rendah dari pada harga kediaman Mukesh yang mencapai sekitar US$ 1 miliar- US$ 2 miliar. (wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading