Kementerian Baru & Tambah Wamen Bikin Gemuk Kabinet Jokowi II

News - Arif Gunawan & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
08 October 2019 06:17
Kementerian Baru & Tambahan Wamen Bikin Gemuk Kabinet Jokowi II?

Jakarta, CNBC Indonesia - Utak-atik nomenklatur kementerian/lembaga dalam kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin terus diperbincangkan. Sejumlah kementerian baru dikabarkan akan dibentuk seiring sejumlah tantangan di sektor investasi, perdagangan dan digitalisasi.

Salah satu kementerian yang akan diubah adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Menurut sumber CNBC Indonesia, nomenklatur kementerian itu akan diubah.


"Kemenko Kemaritiman akan menjadi Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Nantinya seluruh investasi akan terpusat di bawah kendali Menko Maritim dan Investasi," ungkapnya, pekan lalu.


Kemudian, salah satu direktorat jenderal di Kementerian Perdagangan akan dilebur ke dalam Kementerian Luar Negeri. Sementara itu, akan ada pula Kementerian Ekonomi Digital.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Sri Adiningsih mengatakan saat ini perkembangan digital tergolong pesat di Indonesia. Sedangkan negara lain sudah terlebih dahulu memiliki kementerian yang bertugas mengembangkan digitalisasi.

"Saat ini perizinan digital terpisah-pisah. Kementerian digital diharapkan bisa mengakomodir semua perkembangan digital dari proses awal hingga regulasi," kata dia, beberapa waktu lalu.



Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin tidak mau menanggapi rumor soal kementerian yang beredar. Namun, dia memastikan Presiden Jokowi akan mengumumkan nomenklatur kementerian baru pada pekan depan.

"Selasa atau Rabu mungkin bapak Presiden akan menjelaskan pertanyaan ini," kata dia di gedung Kemenko Kemaritiman, Rabu (4/10/2019).

Sedangkan untuk nama-nama yang mengisi jabatan tersebut hingga saat ini belum jelas kapan akan disampaikan. Kemungkinan, pengumuman Menteri baru dilakukan setelah Jokowi-Ma'ruf dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2019.

Foto: foto /Ali Mochtar Ngabalin (Foto: Moehammad Bakrie/detikcom)

BERLANJUT KE HAL 2 >>>>

[Gambas:Video CNBC]

Tambahan wakil menteri
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading