Jokowi Pamer Proyek-Proyek Unik, Kenapa Ya?

News - Suhendra, CNBC Indonesia
25 September 2019 07:50
Pamer Bendung

Pamer Bendung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini sempat memamerkan bendung Sungai Gugubali di Pulau Morotai, Maluku Utara, melalui akun Instagram miliknya @jokowi, Senin (23/9/2019)

"Bendung dan Tanggul ini sungguh indah. Seperti susunan balok warna biru dan kuning selang-seling yang di sela-selanya mengalir dari bendungan di atasnya," tulis Jokowi, seperti dikutip CNBC Indonesia.

Bendung ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun lalu. Bendung itu memiliki lebar 30 meter untuk mengairi daerah irigasi seluas 300 hektare.


"Nah, balok-balok biru itu adalah susunan blok-blok beton tipe Pusair yang saling mengikat dan mengunci, membentuk struktur ambang dan pelimpah bendung," kata Jokowi.

"Inilah teknologi Bendung Modular untuk menaikkan tinggi muka air sungai Gugubali yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR,"

Jokowi menilai, inovasi teknologi tersebut bermanfaat untuk daerah terpencil seperti pulau Morotai. Konsep ini memiliki sambungan yang kuat, baik itu mengurangi kehilangan air dan strukturnya dapat beradaptasi dengan lingkungan.

"Inovasi dan teknologi diperlukan dalam pengembangan infrastruktur untuk menjadi lebih baik, cepat, dan lebih murah. Dan satu hal lagi, ini karya anak bangsa sendiri," jelasnya.

HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading