Jokowi Pamer Proyek-Proyek Unik, Kenapa Ya?

News - Suhendra, CNBC Indonesia
25 September 2019 07:50

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Jokowi rajin memamerkan capaian pembangunan di bawah pemerintahannya. Beberapa bulan terakhir, akun media sosialnya diunggah beberapa foto dan keterangan soal progres atau capaian pembangunan infrastruktur.

Yang menarik, proyek-proyek yang dipamerkannya unik-unik, tak hanya tol, juga pembangunan jalan perintis, perkembangan desa, hingga bendungan.

Pada akhir Juli lalu misalnya, Jokowi memamerkan foto yang menggambarkan pembangunan jalan di perbatasan Papua dan Papua Nugini. Setidaknya ada yang menarik dari foto yang ditampilkan Jokowi, selain bentangan alam yang indah Pegunungan Bintang, Papua tapi ada aspek-aspek lain.


"Ini pemandangan satu ruas jalan perbatasan di Pegunungan Bintan, Papua. Meliuk-liuk di antara hutan dan lereng gunung, jalan selebar tujuh meter ini bagian dari 1.098 kilometer jalan perbatasan dari Merauke ke Jayapura, hingga Papua Nugini. Indah, bukan?" kata Jokowi dalam akun Facebooknya, dikutip Selasa (30/7)

Jokowi Pamer Proyek-Proyek Unik, Kenapa Ya?Foto: Foto udara pemandangan jalan Trans Papua (Dok. Kementerian PUPR)



Aspek lain dari foto yang ditampilkan Jokowi, adalah tak mudah membuka jalan di tengah medan yang berat demi membangun konektivitas di Papua.

"Tantangan pembangunan jalan di Papua tidak mudah karena kondisi alam, cuaca, dan material konstruksi yang terbatas," kata Jokowi.

Aspek lain adalah meski jalan itu belum maksimal dibangun tapi, telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Jokowi mengatakan keberadaan jalan, kendati masih berupa jalan tanah, telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat perbatasan di Papua. Apalagi apabila sudah dibangun keseluruhan atau sudah diaspal.

"Jarak antar pusat ekonomi wilayah yang ditempuh berminggu-minggu dengan berjalan kaki, sekarang dalam hitungan hari setelah dapat dilintasi kendaraan. Bahkan nantinya, semakin singkat dalam hitungan jam," katanya.

Jokowi Pamer Proyek-Proyek Unik, Kenapa Ya?Foto: Bendung Sungai Gugubali di Pulau Morotai, Maluku Utara (Instagram/@Jokowi via PUPR)



Ia mencontohkan ada ruas jalan yang menghubungkan distrik Limarum dengan Kota Oksibil yang sedang dibangun. Juga ada ruas jalan Sota - Erambu - Bupul sepanjang 111 kilometer sudah diaspal. Selain itu ada ruas jalan Bupul - Muting sampai Boven Digoel sepanjang 233 kilometer yang juga diaspal.

"Dari total jalan perbatasan dari Merauke - Jayapura sepanjang 1.098 kilometer, hingga akhir tahun 2018 sudah tersambung 919 kilometer," katanya.


Jokowi Pamer Proyek-Proyek Unik, Kenapa Ya?Foto: Kementerian PUPR Bangun Rusun dan Rusus Petugas Lapas Nusakambangan (Dok.PUPR)
(hoi/hoi)
1 dari 4 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading