Jokowi Bertemu 'Anak Buah' Xi Jinping, Ada Apa?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 September 2019 11:28
Jokowi Bertemu 'Anak Buah' Xi Jinping, Ada Apa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan courtesy call dengan Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden China/Anggota Komisi Luar Negeri China di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi ditemani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman Mohammad Fachir, hingga Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Alexander Lay.

Adapun delegasi penasihat luar negeri Presiden China antara lain Y.M Song Tao, Sun Haiyan (Direktur Jenderal Biro I IDCPC), Y.M Qiao Qian (Duta Besar China untuk Indonesia), dan anggota lainnya.


"Yang Mulia, selamat datang. Senang sekali kita pernah bertemu di 2016," buka Jokowi.

"Saya gembira sekali, kedua kalinya bertemu dengan yang mulia. Sudah tiga tahun berlalu," kata Song Tao membalas salam Jokowi.


Melalui penerjemah, Song Tao mengatakan bahwa perkembangan ekonomi Indonesia sudah cukup baik. Pemerintah pun mendapatkan apresiasi karena mampu membuat kehidupan masyarakat Indonesia membaik.



"Semua prestasi dan kemajuan dicapai oleh Indonesia berkat pimpinan yang mulia Pak Presiden," tegasnya.

"Saya mendengar bahwa Jalan Tol Trans Pulau Jawa yang pertama hampir mau rampung. Dan masalah listrik juga mau diselesaikan. Sebagai sahabat baik untuk Indonesia, saya benar-benar merasa sangat bahagia untuk Indonesia," kata Song Tao.

Song Tao lantas memberikan selamat atas terpilihnya Jokowi sebagai presiden untuk periode kedua. Ia meyakini, hubungan antara Indonesia dan China akan semakin terjalin erat di masa yang akan datang.

"Kami yakin dan kami berharap di bawah pimpinan yang mulia, Indonesia akan mencapai kemajuan yang baik," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading