Ajaib, Pimpinan Tak Tahu Apa pun Soal Revisi UU KPK

News - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
13 September 2019 20:13
Ajaib, Pimpinan Tak Tahu Apa pun Soal Revisi UU KPK
Jakarta, CNBC Indonesia- Meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meneken surat persetujuan revisi undang-undang KPK, para pimpinan lembaga anti korupsi justru mengaku tidak pernah tahu dan dilibatkan dalam perancangan aturan tersebut.

"Kami, draft sebenarnya saja tidak tahu. Membaca seperti sembunyi-sembunyi, rumor dalam waktu dekat akan diketok," kata Ketua KPK, Agus Rahardjo, saat menggelar jumpa pers di kantornya, Jumat (13/9/2019).

Ini membuat pemimpin KPK bertanya-tanya ada kegentingan di balik serba terburu-burunya pembahasan revisi ini. Jika ditanya oleh pegawai KPK, Agus mengaku tidak tahu soal isi undang-undang dan apa isi rancangan resmi.




Apalagi, katanya, dengan baca pernyataan sikap dan konferensi pers pagi ini (oleh Presiden Jokowi) dinilai tidak perlu lagi dengan banyak pihak. "Kami sangat memprihatinkan apa memang betul mau melemahkan KPK."

Untuk itu, Agus dan jajaran pimpinan menyerahkan tanggung jawab pengelolaan kepada Presiden RI. "Maka kami pimpinan yang bertanggung jawab menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Bapak Presiden RI," kata Agus.

Menurut Agus, saat ini KPK menanti instruksi presiden soal kelanjutan operasional lembaga anti korupsi ini. Apakah presiden masih mempercayai mereka sampai Desember nanti atau bagaimana?

"Mudah-mudahan kami diajak bicara Bapak Presiden, dan menjawab isu-isu yang tidak bisa kami jawab."

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading