Nih Penampakan Model Kereta Cepat China Terbaru

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 September 2019 19:11
Nih Penampakan Model Kereta Cepat China Terbaru Foto: KAI (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul)
Jakarta, CNBC Indonesia - Miniatur kereta cepat tipe CR400AF dipamerkan dalam ajang bertajuk Indotrans Expo 2019 di Jakarta Convention Center (JCC). Model CR400AF bakal dipamerkan sepanjang berlangsungnya acara, 13-15 September 2019.

Tipe kereta tersebut bakal digunakan dalam operasional kereta cepat Jakarta Bandung. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Chandra Dwiputra, menjelaskan bahwa kereta ini merupakan tipe terbaru yang telah beroperasi di negeri tirai bambu.




"Sebentar lagi akan hadir di Indonesia yang akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, aman dan berteknologi tinggi," ujarnya, Jumat (13/9/2019).

Keberadaan miniatur CR400AF menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung. Terlebih, miniatur tersebut 'dijaga' sejumlah pramugari KCIC. Tak ayal, banyak pengunjung yang memanfaatkannya untuk swafoto.

Jika sudah beroperasi kelak, kereta cepat ini mampu melaju melintasi Halim hingga Tegalluar dengan waktu tempuh 36 menit untuk perjalanan langsung. Sedangkan jika ditambah waktu singgah di stasiun, maka waktu tempuhnya menjadi 46 menit.

"Dengan kapasitas 601 penumpang, Kereta Cepat Jakarta Bandung masih masih tetap dioperasikan oleh masinis untuk meningkatkan keamanan perjalanan dalam kecepatan tinggi," imbuh Chandra.



Sementara itu, memasuki awal September 2019, progres konstruksi kereta cepat Jakarta Bandung mencapai angka 32,8%. Angka tersebut merepresentasikan keseluruhan persiapan dalam mega proyek tersebut untuk menyambut operasi pada tahun 2021 mendatang.

Selain tembusnya satu dari 13 tunnel lainnya dalam proyek ini, kereta cepat Jakarta Bandung juga akan segera memasuki milestone baru. Ini menyukai girder pertama dari struktur elevated kereta cepat akan segera diinstalasi.

"Pemasangan ini akan menjadi langkah baru bagi proses pembangunan dimana struktur elevated mendominasi lebih dari 60% dari keseluruhan trase sepanjang 142,3 km," kata Chandra.

Sejalan dengan itu, Tunnel Boring Machine kereta cepat yang akan menembus jalan tol Jakarta - Cikampek untuk proses konstruksi Tunnel 1 di Halim juga akan segera beroperasi dalam waktu dekat ini. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading