Gawat, Kualitas Udara Riau Berbahaya Bagi Manusia

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
13 September 2019 18:17
Gawat, Kualitas Udara Riau Berbahaya Bagi Manusia Foto: Asap Pekanbaru (Ist Rezly Eskarlita)
Jakarta, CNBC Indonesia- Mayoritas daerah di Riau memiliki kualitas udara yang berbahaya bagi manusia pada Jumat (13/9/2019), akibat asap yang menyebar dari kebakaran hutan.

Hal tersebut terungkap dari data Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) yang dikeluarkan oleh P3E Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehuatan dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau.

Berdasarkan data tersebut pada pukul 15.00 WIB, daerah yang memiliki ISPU berbahaya adalah Pekanbaru, Siak, Kampar, Rokan Hilir dan Bengkalis. Sementara wilayah Dumai tercatat memiliki ISPU sangat tidak sehat.



Sementara itu, berdasarkan pemantauan dari Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kualitas udara di Pekanbaru tergolong berbahaya sejak pagi hari hingga pukul 15.00 WIB.

PM10 atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron (mikrometer) bahkan menembus 440,1 µgram/m3. PM10 tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai ambang batas konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan yakni 150 µgram/m3.




(dob/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading