Pak Jokowi, Kualitas Udara Pekanbaru Sudah Berbahaya

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
13 September 2019 14:29
Pak Jokowi, Kualitas Udara Pekanbaru Sudah Berbahaya Foto: Asap Pekanbaru (Ist Rezly Eskarlita)
Jakarta, CNBC Indonesia- Kualitas udara di Pekanbaru, Riau dinyatakan berbahaya, berdasarkan pemantauan dari Badan Meteorologi dan Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan situs BMKG, kualitas udara di Pekanbaru turun menjadi berbahaya dari sebelumnya sangat tidak sehat sejak pukul 07.00 WIB, pada Jumat (13/9/2019).

PM10 atau partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron (mikrometer) bahkan menembus 440,1 µgram/m3. PM10 tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai ambang batas konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan yakni 150 µgram/m3.


Pak Jokowi, Kualitas Udara Pekan Baru Sudah BerbahayaFoto: Sumber BMKG


Hari ini asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pekanbaru, Riau, makin tak terkendali. Kini asap sudah masuk ke rumah warga.

"Sekarang kita mau pergi ke mana lagi, asap pun sudah masuk dalam rumah. Kita tak tahu harus berbuat apa lagi," kata seorang warga Pekanbaru, Diyas Sahputra, seperti dikutip dari detikcom, Jumat (13/9/2019).

Diyas kini khawatir tentang kesehatan anaknya dari ancaman penyakit akibat asap. Diyas berupaya keras mengeluarkan asap dengan embusan angin menggunakan kipas listrik.

"Kalau sebelumnya masih bisa kita menghindar asap masuk dalam rumah. Sekarang ruangan rumah disesaki asap, kipas angin terpaksa dihidupkan terus," kata Diyas.



Kondisi yang sama dialami Bangun Sitepu. Menurutnya, asap sejak tadi malam hingga siang ini tak juga beranjak dari Pekanbaru.

"Kita keluar rumah bau asap menyengat, ruangan rumah penuh asap. Kamar kita pun masuk asap," kata Bangun.

Sebagaimana diketahui, BMKG Pekanbaru merilis hari ini jarak pandang hanya tembus 300 meter di Pekanbaru. Kondisi ini kian terbatas dibanding sehari sebelumnya masih tembus 1,5 km.

Pak Jokowi, Kualitas Udara Pekan Baru Sudah BerbahayaFoto: Asap Pekanbaru (Ist Rezly Eskarlita)
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading