Aduh Ngeri, PDB RI Bisa Saja Tumbuh di Bawah 5% Jika...

News - Lidya Julita S & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 September 2019 10:19
Jakarta, CNBC Indonesia - Pertumbuhan ekonomi Indonesia secara mengagetkan diramal tumbuh di bawah 5%. Ramalan ini dikeluarkan oleh Bank Dunia (The World Bank).

Dalam laporan Global Economic Risks and Implications for Indonesia yang dirilis Bank Dunia, September 2019, dijelaskan bahwa perlambatan ekonomi menimbulkan pengaruh terhadap Indonesia.

Apakah benar hal tersebut bisa terjadi?


Ekonom Maybank Myrdal Gunarto mengungkapkan ramalan Bank Dunia yang merevisi PDB 2020 bisa saja terjadi. Hal ini didasari beberapa skenario.

Pertama, perlambatan ekonomi global.

Kedua, tensi perang dagang yang terus meningkat dan menyebar dampaknya.

"Ketiga, dampak hard Brexit yang meluas. Keempat, penurunan tajam pada laju pertumbuhan ekonomi China," kata Myrdal kepada CNBC Indonesia, Rabu (11/9/2019).

Adapun Myrdal mengatakan poin kelima adalah terjadinya penurunan pada aktivitas perdagangan internasional. Sementara keenam, terjadinya penurunan pada aktivitas investasi,khususnya FDI, dan ekspor di Indonesia.

"Terakhir, atau ketujuh yakni kapasitas daya beli masyarakat melemah karena ruang fiskal pemerintah yang sudah terbatas."

Maybank sendiri mengeluarkan proyeksi optimistis dan pesimistis. Secara optimistis menurut Myrdal ekonomi RI bisa tumbuh hingga 5,2% di 2020 namun bisa juga drop ke 4,8%.
Halaman Selanjutnya >>> Kuncinya di Pemerintah! (NEXT)




(dru/dru)
1 dari 2 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading