Ini 10 Nama Capim KPK yang Diserahkan Pansel ke Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 September 2019 17:14
Pansel Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi telah menyerahkan 10 nama kandidat pemimpin lembaga itu kepada Presiden Joko Widodo.
Jakarta, CNBC Indonesia - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan 10 nama kandidat pemimpin lembaga itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Nama yang sudah diseleksi pansel itu diserahkan kepada kepala negara di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/9/2019). Nama tersebut diseleksi dari 20 orang kandidat yang lolos tahap akhir.

Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK Yenti Ganarsih pun mengungkap 10 nama yang diserahkan pansel kepada Jokowi. Berikut perincian nama-nama yang sudah berada di tangan Jokowi :



Alexander Marwata (Komisioner KPK)
Firli Bauri (Anggota Polri)
I Nyoman Wara (Auditor)
Johanes Tanak (Jaksa)
Lili Pintauli Siregar (Advokat)
Luthfi Jayadi (Dosen/Akademisi)
Nawawi Pomolango (Hakim)
Nurul Ghufron, (Dosen/Akademisi)
Roby Arya (PNS Sekretariat Kabinet)
Sigit Danang Joyo (PNS Kementerian Keuangan).

"Komposisinya 1 komisioner KPK, 1 polisi, 1 jaksa, 1 auditor, 1 advokat, 2 dosen, 1 hakim, 2 PNS," kata Yenti dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta.


Nama-nama yang kini berada di tangan Jokowi pun akan mengerucut menjadi 5 orang. Namun, belum diketahui berapa nama yang akan diajukan kepala negara kepada parlemen.
Sebelumnya, Jokowi telah menerima kedatangan Pansel Capim KPK di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (2/9/2019).


Kedatangan pansel yang dinakhodai Yenti Ganarsih itu menemui Jokowi untuk menyerahkan 10 nama kandidat pemimpin komisi antirasywah yang sebelumnya telah diseleksi dalam beberapa bulan terakhir.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap kerja keras yang menyeleksi sejak awal. Ini adalah proses panjang yang telah dilalui," kata Jokowi mengawali pertemuannya dengan Pansel Capim KPK.

Jokowi tak membeberkan secara detail, berapa nama kandidat pimpinan KPK yang akan diserahkan kepada parlemen. Namun, dia memastikan nama-nama yang akan diajukan adalah nama yang layak.

"Kita harapkan, kita juga tak harus tergesa-gesa, yang paling penting menurut saya, apa yang nanti saya sampaikan ke DPR itu betul-betul nama nama yang memang layak," tegasnya.

Jokowi pun meminta seluruh elemen masyarakat untuk memberima masukan yang bisa menjadi catatan atas kinerja Pansel Capim KPK dalam menyeleksi kandidat pimpinan KPK, yang sudah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir.


"Saya juga minta agar masukan baik dari masyarakat, tokoh, sehingga bisa diberi catatan dalam rangka mengkoreksi apa yang telah dikerjakan pansel," katanya.

[Gambas:Video CNBC]






(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading