Sempat Molor, Bandara 'Gudang Garam' Kediri Tuntas 2021

News - Redaksi, CNBC Indonesia
02 September 2019 11:27
Bandara Kediri ditargetkan tuntas pada 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembangunan Bandara Kediri Jawa Timur ditargetkan mulai berlangsung mulai 2020. Proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) antara PT Angkasa Pura I dan PT Gudang Garam Tbk ini ditargetkan rampung akhir 2021.

"Peletakan batu pertama kita berharap harus boleh nanti Januari tahun depan (2020), kita sudah mundur satu tahun. Jadi kalau nanti kita mulai Januari tahun depan saya pikir 2021 akhir akan selesai seperti Bandara Kulon Progo," kata Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dikutip dari laman Setkab, Senin (2/9).

 


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan bahwa bandara di Kediri, Jawa Timur, itu pasti dibangun karena sudah dijadikan proyek strategis nasional.

"Saya pastikan bandara ini jadi dibangun, apalagi telah melalui proses panjang dan sudah dijadikan proyek strategis nasional," kata Menhub.

Menhub yakin dengan dibangunnya bandara maka hal ini akan memberikan dampak yang sangat positif tidak hanya meningkatkan konektivitas tapi bandara ini juga akan berdampak bagi perkembangan suatu daerah tidak terkecuali bagi masyakatnya.

"Apabila ini menjadi bandara maka daerah sekitar nanti akan tumbuh menjadi suatu daerah pusat keekonomian baru disitu ada industri, kuliner, ada pariwisata, dsb," ujar Menhub.

 

Sebelumnya PT Gudang Garam Tbk (GGRM) menyebutkan akan menambah lini bisnis baru di bidang infrastruktur khususnya bandara.

Direktur Gudang Garam Istata Taswin Siddharta mengatakan meski bakal ada penambahan lini bisnis baru ini, namun perusahaan menyebutkan tak belum mematok keuntungan dari usaha baru tersebut. Lantaran kontribusi untuk keuangan perusahaan diprediksi tidak signifikan.

"Bandara dan infrastruktur yang lain kami pastikan kami tidak memiliki tujuan diversifikasi ke infrastruktur komersial. Proyek yang kami masuki itu tanggungjawab kami mengembangkan negara secara nasional dan regional. Apa lini bisnis baru ada kemungkinan tapi kami tidak kejar keuntungan," kata Istata di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (27/8/2019).

Ia menyebutkan, hingga saat ini pembangunan bandara di Kediri ini lengkap dengan infrastruktur pendukungnya masih dalam tahap pengkajian oleh konsultan.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading