Setengah Juta Lebih Kendaraan Tinggalkan DKI, Menuju Bandara!

News - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
30 April 2022 16:24
Foto aerial proyek pembangunan Jalan Tol Cengkareng -  Kunciran di kawasan Pinang, Tangerang, Banten, Jumat (5/3/2021). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan tahap akhir pembangunan Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 Km. Saat selesai nanti, maka akan menghubungkan kawasan Serpong dan sekitar ke Bandara Soekarno-Hatta. Ruas tol ini merupakan salah satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran saat ini telah mencapai 93,06 % dan ditargetkan selesai Maret 2021. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi sebesar Rp 1,96 triliun. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Bandara dan masuk Gerbang Tol (GT) Cileunyi menuju arah Rancaekek, Garut, dan sekitarnya meningkat dalam kurun sepekan terakhir.

Berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), ada 651.739 kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol menuju Bandara Soekarno-Hatta. Jumlah ini naik 10,58% dibanding volume lalu lintas transaksiĀ new normalĀ pada November lalu yakni 589.344.

Angka ini didapat dalam kurun 22-29 April 2022 atau H-10 sampai H-3 Idulfitri. Rinciannya, sebanyak 511.498 kendaraan masuk dari GT Cengkareng Jalan Tol Prof. Dr.Ir. Soedijatmo. Jumlahnya naik 11,52% dibanding lalu lintas new normal sebanyak 458.661 kendaraan.


Kemudian, ada 140.241 kendaraan masuk dari GT Benda Utama 2 Jalan Tol Kunciran-Cengkareng. Jumlah ini naik 7,31%.

"Sementara itu, Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat pula sebanyak 259,823 kendaraan keluar dari Bandung menuju wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui Gerbang Tol (GT) Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi tersebut meningkat 10,21% dari lalin new normal yaitu sebanyak235.756 kendaraan," tulis Jasa Marga dalam siaran pers, Sabtu (30/4/2022).

JSMR juga melaporkan volume lalu lintas transaksi dari arah Rancaekek menuju Bandung melalui GT Cileunyi mencapai 231.439 kendaraan. Angkanya naik 4,02% dibanding lalu lintas new normal sebanyak222.489 kendaraan.

"Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan, serta memperhatikan jadwal-jadwal rekayasa lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan," katanya.

"Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II. Satu e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar," kata Jasa Marga menambahkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terminal 3 Soetta Kebanjiran, Operasi Bandara Terganggu?


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading