Akhir Oktober, Cawang-Cibubur Sudah Bisa Pakai LRT

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
23 August 2019 17:27
Akhir Oktober, Cawang-Cibubur Sudah Bisa Pakai LRT
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut LRT Jabodebek bisa beroperasi secara komersial sebelum akhir tahun 2019 ini. Operasional dilakukan secara bertahap, dengan membuka rute Cawang-Cibubur terlebih dahulu pada akhir Oktober 2019.

"Kalau enggak akhir Oktober ya permulaan November. Makanya sekarang lagi mau uji coba dulu," kata Rini ketika memantau progres pembangunan Stasiun Cibubur LRT Jabodebek, Jumat (23/8/2019).

Rini mengaku, secara khusus memang mengecek lokasi proyek dalam rangka persiapan uji coba operasional LRT Jabodebek.



"Ini akan menjadi Stasiun Cibubur LRT Jabodebek. Jadi saya datang ke sini memang karena sebentar lagi kita sudah akan meletakkan satu set kereta, yang kita akan uji coba," imbuhnya.

Uji coba dijadwalkan dimulai awal September dengan menjajal 1 trainset, dilanjutkan tambahan 3 trainset LRT Jabodebek yang menyusul pada akhir September atau awal Oktober.

"Jadi ini kita testing. Maka saya juga melihat track-nya ada yang tinggi dan ada yang rendah. Jadi track yang tinggi itu nanti untuk testing kereta kita bisa melihat sudah baik atau tidak," katanya.

"Nah ini kalau sudah ada 4 set ini kita cukup yakin lah kita bisa mulai operasional minimal Cibubur ke Cawang pulang pergi," lanjutnya.



Rini yakin bisa mengoperasikan LRT Jabodebek sebelum akhir tahun, namun dia masih menunggu sertifikat laik operasi dari Kementerian Perhubungan. Terkait hal ini, dia sudah meminta INKA, KAI, dan Adhi Karya berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.

"Tentunya ini semua masih harus ditingkatkan pembicaraan dengan Kementerian Perhubungan, nanti itu dengan Kementerian Perhubungan," katanya.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading