Bukan Mobil Nasional, Esemka Punya Produk Baru?

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
13 August 2019 16:35
Bukan Mobil Nasional, Esemka Punya Produk Baru?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreatif, Edi Wirajaya menegaskan bahwa Esemka bukan lah mobil nasional (Mobnas). Ia bilang Esemka hanya mobil yang diproduksi di Indonesia.

Namun, PT Solo Manufaktur Kreatif, produsen dari mobil Esemka tetap fokus mengembangkan Esemka. Salah satu produk yang akan dipasarkan dan diluncurkan tahun ini. Ia mengatakan sampai saat ini, mobil yang diproduksi bertipe pick-up. Hanya saja ia enggan membeberkan waktu peluncuran mobil tersebut.

"Nanti diekspose saat kita launching," kata Edi di sela-sela pameran komponen otomotif di Kemenperin, Selasa (13/8).



Saat ditanya apakah akan diluncurkan pada tahun ini, Edi tetap menutup mulut. Begitu juga saat ditanya perkembangan produksi mobil.

"Kita harapkan (diluncurkan akhir tahun 2019)," ucapnya.

Pada pameran tersebut, PT Solo Manufaktur Kreatif memajang sejumlah komponen mobil seperti rangka, setir, pintu, velg, dan komponen lainnya.

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin mengatakan kementerian sedang bersinergi menjembatani hulu dan hilir agar komponen mobil Esemka merupakan komponen lokal.


"Dari engine sampai ke steering system, aksesoris, semua kan ada. Jadi kita coba jembatani. Tidak hanya Esemka tetapi yang lain upaya mereka bisa menggunakan komponen dalam negeri," katanya.




PT Solo Manufaktur Kreasi mengatakan SDM atau tenaga kerja diambil dari lulusan SMK di wilayah Solo Raya dan Jawa Tengah. Manajemen mengklaim tenaga kerja mereka telah berhasil memproduksi kendaraan dengan jumlah ratusan unit sampai saat ini. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading