Selamat Datang, Liga Termahal Dunia!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
04 August 2019 16:37
City Tekor Terus
Namun selain 'subsidi' dari Timur Tengah, kekuatan finansial City juga datang dari nilai Liga Primer yang memang sangat tinggi. Ini membuat pemasukan dari hak siar televisi dan sponsorship sangat memuaskan sehingga membuat klub-klub Liga Primer punya kondisi keuangan yang mumpuni. Boleh dibilang City yang terkaya di antara orang kaya.

Mengutip data Transfermrkt, valuasi Liga Primer saat ini adalah EUR 9,12 miliar (Rp 142,96 triliun). Lebih tinggi dari liga-liga top Eropa lainnya seperti La Liga (EUR 6,15 miliar/Rp 96,4 triliun), Serie A (EUR 5,17 miliar/Rp 81,04 triliun), Bundesliga (EUR 4,48 miliar/Rp 70,23 triliun), dan Ligue 1 (EUR 3,22 miliar/Rp 50,47 triliun). 

Musim lalu, hampir seluruh klub Liga Primer mendapat hadiah uang di atas GDP 100 juta (Rp 1,71 triliun). Hanya Huddersfield Town yang mendapatkan di bawah itu. 


Selamat Datang, Liga Termahal Dunia!Premier League

Dengan modal ini, klub seperti Wolverhampton Wandeders pun berhasil membajak penyerang masa depan Italia, Patrick Cutrone, dari AC Milan. Pemain Milan pindah ke Wolves. Mustahil kejadian pada era 1990-an. 

Jadi tidak heran Liga Primer selalu menjadi tontonan yang menarik bagi para penggila sepakbola, baik yang berpihak maupun netral. Sebab Liga Primer bisa menjamin bakal menyuguhkan tontonan menarik, karena klub-klubnya sudah dibekali 'amunisi' luar biasa. 

So, selamat datang, liga sepakbola termahal di dunia!


TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading