Bos Indocement Buka Rahasia Semen China Dijual Murah

News - Redaksi, CNBC Indonesia
24 July 2019 06:22
Bos Indocement Buka Rahasia Semen China Dijual Murah
Jakarta, CNBC Indonesia - Produk semen dari merek prinsipal China dalam 3-5 tahun terakhir mengisi pasar semen di Indonesia dengan mendirikan pabrik di Indonesia seperti semen Conch. Harga produk semen yang mereka tawarkan memang jauh lebih murah dari produk semen pemain lama macam Tiga Roda, produksi Indocement

"Sebenarnya memang harus diakui bahwa mereka memang sangat efisien, dalam arti biaya investasi lebih murah, biaya modal," kata Christian Kartawijaya, Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk kepada CNBC Indonesia, Selasa (23/7).



Ia menjelaskan sebaran produk semen dari pabrik semen China umumnya tersebar di luar Jawa. Misalnya di Sulawesi semen CONCH cukup kuat mengakar di sana. Ini karena semen merupakan barang yang sangat tergantung jarak ke tempat produksi dan pemasaran. Efeknya pemain semen lokal skala nasional atau pemain semen lokal harus gigit jadi akibat penetrasi produk semen China di pasar domestik.

"Kami di Jawa masih cukup bersaing, tapi kita turun market share kita turun 3% di Sulawesi," katanya.

Menurutnya penetrasi pasar semen oleh produk China di Pulau Jawa masih terbatas. Ia mengklaim Indocement menguasai pangsa pasar sampai 34%.

"Pemain China sangat kecil," katanya.

Bos Indocement Buka Rahasia Semen China Dijual Murah Foto: Infografis/Semen China Libas Merek Lokal/Edward Ricardo


Christian menambahkan industri semen saat ini memang sedang tidak baik karena ada kelebihan pasokan produksi. Pada 2019, diperkirakan kapasitas produksi mencapai 115 juta ton, sedangkan konsumsi hanya 72 juta ton saja. Artinya ada kelebihan pasokan semen sebesar 43 juta ton

"Kenapa ada masih izin-izin pabrik semen baru diberikan, saat over supply," tanyanya.

Dengan kondisi demikian, maka catatan Asosiasi Semen Indonesia (ASI) utilisasi atau penggunaan kapasitas terpasang hanya 65%. Utilisasi sebesar ini tentu sangat merugikan industri semen, karena sepertiga mesin mereka tak digunakan.

Penjualan semen prinsipal merek China ini dapat ditemukan melalui e-commerce macam Bukalapak dan lainnya, dengan harga sangat terjangkau. Ada pelapak di Jakarta misalnya, menawarkan semen bermerek China CONCH ukuran 40 kg dengan hanya harga Rp34.300 per sak.


Sementara semen lokal Tiga Roda dengan ukuran yang sama dijual dengan harga sampai Rp39.800 per sak. Selisih kedua semen itu sebesar Rp5.500.

[Gambas:Video CNBC]
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading