Mercy, Tesla Cs Keroyokan Bangun Baterai Mobil Listrik di RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
19 July 2019 17:41
Mercy, Tesla Cs Keroyokan Bangun Baterai Mobil Listrik di RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan asing ramai-ramai mengucurkan investasi besar-besaran untuk menyediakan baterai mobil listrik. Indonesia memang sedang mengembangkan mobil listrik.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat ditemui di kompleks kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Deretan perusahaan mobil mewah itu di antaranya Contemporary Amperex Technology (CATL), LG, Volkswagen, Tesla, hingga Mercedes - Benz. Mereka telah berkomitmen untuk membangun pabrik baterai di Indonesia.


"CATL kongsian dengan LG, Volkswagwn, Mercedes. Macam-macam itu. [...] Tesla masuk, walaupun mungkin porsinya sedikit, tapi mereka masuk karena mereka melihat bahan baterai itu banyak di Indonesia," jelasnya.

Adapun total investasi yang dikeluarkan perusahaan-perusahaan tersebut senilai US$ 4 miliar atau setara dengan Rp 55,8 triliun dengan kurs saat ini. Sebelumnya, mereka telah berkomitmen menggelontorkan US$ 1 miliar.

"Dia sudah semua, sampai US$ 4 miliar. Dia [CATL dan kongsian] sudah mulai investasi US$ 1 miliar. Sudah groundbreaking," kata Luhut.

Pemerintah memang tengah gencar mempersiapkan industri untuk mempercepat program mobil listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV).

Pada awal tahun ini, pemerintah menghadiri peresmian peletakan batu pertama pembangunan industri bahan baku baterai lithium PT QMB New Energy di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah.


PT QMB New Energy Materials sendiri merupakan kerja sama antara perusahaan Tiongkok, Indonesia, dan Jepang yang terdiri dari GEM Co.,Ltd., Brunp Recycling Technology Co.,Ltd., Tsingshan, PT IMIP, dan Hanwa dengan total investasi yang mencapai US$ 700 juta.

Adapun peraturan presiden mengenai mobil listrik, saat ini hanya tinggal menunggu tanda tangan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Perpres tersebut diharapkan keluar bulan ini.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading