Jokowi Bakal Sambungkan Bandara & Tol ke Sawah Hingga Tambak

News - Lidya Julita Sembiring & Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
15 July 2019 07:35
Jokowi Bakal Sambungkan Bandara & Tol ke Sawah Hingga Tambak
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melanjutkan pembangunan infrastruktur pada periode kedua masa baktinya. Dia menegaskan, laju pembangunan infrastruktur besar-besaran dalam empat tahun terakhir tak akan berhenti.

"Pembangunan infrastruktur akan terus kita lanjutkan! Infrastruktur yang besar-besar sudah kita bangun," kata Jokowi dalam pidato visi pembangunan Indonesia 2019-2024 di Sentul, Minggu (14/07/2019).

Ke depan, Jokowi bilang, pembangunan akan dilanjutkan dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, infrastruktur besar yang sudah terbang seperti seperti jalan tol, kereta api, pelabuhan, dan bandara, akan disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi rakyat

"Kita sambungkan dengan kawasan industri kecil, sambungkan dengan Kawasan Ekonomi Khusus, sambungkan dengan kawasan pariwisata. Arahnya harus ke sana, fokusnya harus ke sana," tandasnya.


Tak hanya itu, Jokowi ingin dampak pembangunan berbagai infrastruktur tersebut juga dirasakan para petani hingga petambak. Karena itu, ketersambungan menjadi perhatian yang ditekankan Jokowi.

"Kita juga jangan lupa harus menyambungkan infrastruktur besar itu dengan kawasan persawahan, kawasan perkebunan, dan tambak-tambak perikanan," bebernya.



Sebagaimana diketahui, calon presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024, Jokowi dan KH Ma'ruf Amin telah menyampaikan pidato visi pembangunan Indonesia. Ada 5 hal utama yang menjadi sorotan Pemerintah Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Pertama, pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Kedua, pembangunan sumber daya manusia. Ketiga, mengundang investasi seluas-luasnya.

Keempat, melanjutkan reformasi birokrasi. Dalam poin keempat ini Jokowi tekankan pentingnya sosok menteri yang berani. Kelima, penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran.

Jokowi Bakal Sambungkan Bandara & Tol ke Sawah Hingga TambakFoto: foto/ visi jokowi - ma'ruf amin RI 2019 (foto: Ist Youtube)

Lebih lanjut, Jokowi berjanji semua visi pembangunan tersebut akan didukung APBN yang transparan. Jokowi juga berjanji seluruh dana dari APBN akan dimanfaatkan bagi masyarakat.
"Kelima, kita harus menjamin penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran. Setiap rupiah yang keluar dari APBN, semuanya harus kita pastikan memiliki manfaat ekonomi, memberikan manfaat untuk rakyat, meningkatkan kesejahteraan untuk masyarakat," kata eks Wali Kota Solo itu.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading