Djoko Siswanto Dirotasi, Jonan Lelang Jabatan Dirjen Migas

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
12 July 2019 19:34
Djoko Siswanto Dirotasi, Jonan Lelang Jabatan Dirjen Migas
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memindahtugaskan Djoko Siswanto dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas.

Pemberhentian ini dia umumkan berdasar Keputusan Presiden RI 45/TPA/2019 tentang penghentian jabatan di lingkungan ESDM. Sampai saat ini belum ada pengganti Djoko Siswanto sebagai dirjen migas, jabatan ini akan dilelang oleh pemerintah secara terbuka mulai besok.


"Saya sudah minta Sekjen untuk seleksi terbuka Dirjen Migas," ujar Jonan, usai melakukan perombakan pejabat di kementeriannya, Jumat (12/7/2019).


Sementara belum ada penggantinya, Jonan meminta Djoko tetap melanjutkan pekerjaannya sebagai dirjen migas sementara waktu sembari mulai mengurus jabatan barunya, yakni sebagai Sekjen Dewan Energi Nasional.

"Selama proses seleksi, Djoko Siswanto tetap jabat sebagai Dirjen Migas, jadi jabatannya rangkap dua dulu ya," jelasnya.

Djoko Siswanto Dicopot, Jonan Lelang Jabatan Dirjen MigasFoto: Pelantikan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM (CNBC Indonesia/Anastasia Arvirianty)


Djoko menduduki posisi Dirjen Migas sejak Maret 2018, dan kini digeser oleh Jonan menjadi Sekretaris Jenderal DEN.

Djoko Siswanto Dicopot, Jonan Lelang Jabatan Dirjen MigasFoto: Foto/Direktur Jenderal Migas Djoko Siswanto memberi keterangan pers tentang Penurunan Harga dan Kebijakan Formula Harga BBM Umum di Ruang Sarulla Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Minggu (10/2)./Muhammad Sabki/CNBC Indonesia


Djoko menggantikan posisi Saleh Abudurahman, yang kini diangkat oleh Jonan sebagai staf ahli Menteri ESDM. Jonan juga memberhentikan Satry Nugraha yang sebelumnya menduduki kursi staf ahli menteri. Untuk posisi Dirjen Migas, sampai saat ini belum ada penggantinya.

Berikut rincian perombakan posisinya:

- Djoko Siswanto dirotasi dari Dirjen Migas dan dilantik menjadi Sekjen Dewan Energi Nasional
- Saleh Abdurahman dirotasi sebagai Sekjen DEN dan dilantik menjadi Staf Ahli Menteri ESDM
- Satry Nugraha dirotasi sebagai Staf Ahli Menteri ESDM

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading