Jajaran Menteri Termuda di Belahan Dunia, Umurnya 22 Tahun

News - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
03 July 2019 13:35
Seperti beberapa anak muda ini, dengan usia muda tersebut mereka sudah dipercaya menjadi seorang menteri
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini sebagian anak berusia muda mungkin masih disibukkan dengan problematika tentang pendidikan, kehidupan atau bahkan mengikuti perkembangan teknologi dan smartphone terbaru. Hanya segelintir dari mereka yang tertarik dengan urusan politik, tidak sedikit juga yang masih apatis atau masa bodoh terhadap persoalan politik.

Namun, akhir-akhir ini tampaknya banyak perubahan pada pola pikir banyak anak muda. Saat ini dunia politik mulai diminati oleh kalangan muda, karena terjun ke dalam politik sepertinya dapat menjanjikan kesuksesan.

Seperti beberapa anak muda ini, dengan usia muda tersebut mereka sudah dipercaya menjadi seorang menteri, berikut deretan menteri yang menjabat pada usia muda dalam kabinetnya dirangkum CNBC Indonesia dari beberapa sumber :


Shamma Al Mazrui (UEA)

Foto: Shamma Al Mazrui (Instagram/shamma)


Pengangkatan dirinya menjadi seorang menteri terjadi pada tahun 2016, ia dipercaya menjabat sebagai Menteri Urusan Kepemudaan Negara di Uni Emirat Arab. Saat pemberian jabatan tersebut, Shamma masih berusia 22 tahun. Dari jabatan tersebut, Shamma memiliki latar belakang pendidikan yang patut diacungi jempol, ia menerima gelar Bachelor of Arts di bidang Ekonomi dari New York University Abu Dhabi, juga Magister Kebijakan Publik dari Oxford University pada 2015 lalu. Ia berhasil memecahkan rekor Guinness World Records tahun 2018 sebagai menteri termuda di dunia, setelah sebelumnya Syed Saddiq diduga menyandang predikat tersebut.

Syed Saddiq (Malaysia)
Foto: Menpora Malaysia Syed Saddiq saat nge-vlog dengan Jokowi. (Foto: Instagram)

Pemberitaan Syed Saddiq sempat menjadi viral didunia maya, itu terjadi karena parasnya yang rupawan, juga jabatan prestisius yang ia terima pada usia muda. Syed Saddiq adalah Menteri Pemuda dan Olahraga di Malaysia, saat menerima jabatan tersebut ia masih berusia 25 tahun, ia juga menjadi Menteri termuda di Malaysia dalam sejarah. Sebelum menjabat sebagai Menteri, Syed adalah lulusan dari International Islamic University Malaysia jurusan hukum.

Sebastian Kurz (Austria)

Foto: Sebastian Kurz (Instagram/sebastiankurz)


Austria pernah membuat keputusan besar dengan mengangkat Sebastian Kurz sebagai menteri Urusan Luar Negeri dan Integrasi. Pengangkatan tersebut terjadi pada tahun 2017, dan saat itu Sebastian masih berusia 27 tahun. Ia sudah terjun ke dunia politik sejak 2013 sebagai anggota Partai Rakyat Austria. Di usia 31 tahun, Sebastian menjabat sebagai Presiden Austria setelah partai yang dipimpinnya memenangkan pemilu. Ia juga menjadi pemimpin termuda yang pernah dimiliki Austria.

Simon Harris (Irlandia)

Foto: Simon Harris (Instagram/simonharristd)


Pada 2016, Simon dipercaya untuk menjadi Menteri Kesehatan. Ia dilantik saat usianya 29 tahun, sebelumnya ia pernah mejabat sebagai Menteri negara Bagian di Departemen Keuangan PER dan Taoiseach 2014-2016 serta bertanggung jawab khusus untuk pengadaan umum, dan internasional.

Anupriya Patel (India)

Foto: Anupriya Patel (Twitter/@AnupriyaSPatel)


Perempuan kelahiran Kanpur, Negara Bagian Uttar Pradesh, 28 April 1981 ini dinobatkan majelis parlemen India sebagai Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga pada 5 Juli 2016, saat itu usianya 35 tahun. Sebelumnya, penyandang gelar S2 Psikologi dan Master in Business Administration dari Universitas Perempuan Lady Shri Ram, Universitas Amity dan Universitas Kanpur itu pernah menjabat sebagai sekretaris jenderal Partai Apna Dal.




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading