Ada Sidang Putusan MK, Awas Telat Naik Kereta Lho!

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
27 June 2019 10:25
Para calon penumpang kereta perlu mewaspadai kemacetan jelang sidang putusan MK di kawasan Gambir.
Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang sidang putusan gugatan sengketa Pilpres 2019 yang akan diumumkan Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (27/6/2019) pukul 12.30, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau para calon penumpang untuk mengatur waktu keberangkatan.

Hal ini karena, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup beberapa ruas jalan di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, sejak Rabu (26/6).

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menjelaskan penutupan jalan sejumlah jalan di Jakarta Pusat tentunya berdampak adanya pengalihan arus lalu lintas ke ruas jalan sekitarnya khususnya di area Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Sejalan dengan itu, ada potensi kemacetan lalu lintas kendaraan di sekitar stasiun.



"Meski berpotensi terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan sekitar Stasiun Gambir, namun operasional kereta api (KA) tetap berjalan normal sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka), termasuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir," ujar Eva Chairunisa melalui keterangan resmi, Kamis (27/6/2019).

Hari ini total ada 35 keberangkatan KA dari Stasiun Gambir, yang terdiri dari 32 KA Reguler dan 3 KA Tambahan. Diperkirakan terdapat 13.061 penumpang yang berangkat dan 13.924 penumpang yang turun dari Stasiun Gambir.



Sedangkan, untuk rata-rata penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir setiap harinya, sekitar 10.000 penumpang saat hari biasa, dan 15.000 saat akhir pekan.
Dengan begitu, tidak seperti kebijakan sebelumnya ketika terjadi beberapa kali aksi massa, kali ini pihaknya tidak memberlakukan rekayasa pola operasi berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh calon penumpang KA agar mengatur waktu perjalanannya menuju stasiun, secara khusus penumpang yang keberangkatannya dari Stasiun Gambir. Hal ini guna menghindari calon penumpang ketinggalan kereta," tandasnya.

Selain itu, peningkatan keamanan juga di lakukan. PT KAI Daop 1 Jakarta menurunkan 28 petugas pengamanan, dan tambahan 2 petugas dari TNI di Stasiun Gambir.
"Untuk keamanan sesuai SOP yang ada pemeriksaan barang bawaan juga menggunakan metal detector di area boarding gate," pungkas Eva.


Artikel Selanjutnya

Ssst! Kereta China akan Beroperasi di Bali Lho


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading