Corona Makin Gawat, KAI Batalkan Layanan Kereta Baru!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
30 June 2021 15:45
Pekerja beraktivitas melakukan perawatan rutin pada lokomotif di Depo Kereta Cipinang, Jakarta, Kamis (29/4). Terkait aturan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan memaksimalkan pengoperasian lokomotif untuk membawa gerbong angkutan logistik dan barang, terutama jika nantinya pemerintah melarang/membatasi pengoperasian kereta penumpang. Saat ini KAI sedang menunggu aturan rinci dan arahan dari Kementerian Perhubungan. Seperti diketahui pada ramadan hingga Lebaran nanti, jumlah penumpang KAI diperkirakan anjlok lantaran pemerintah melarang kegiatan mudik. Hingga saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI masih menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah terkait pengaturan transportasi Mudik Hari Raya Idul Fitri pada Mei 2021. Terkait larangan mudik Lebaran 2021 oleh pemerintah, KAI pun menyatakan belum ada pembatalan tiket untuk mudik karena penjualan KA jarak jauh baru dibuka sampai 30 April 2021.
Sejauh ini, penjualan tiket kereta pun masih normal, atau belum ada peningkatan yang signifikan. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunda peluncuran KA Nusa Tembini (Cilacap - Yogyakarta) yang direncanakan pada 2 Juli nanti. Penundaan disebabkan meningkatnya kasus Covid - 19 di berbagai wilayah di Indonesia.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid - 19 di masyarakat, maka KAI akan meninjau kembali kapan waktu yang tepat untuk peluncuran KA Nusa Tembini. Penundaan bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menekan penyebaran Covid - 19 di masyarakat.

"Kami memohon maaf kepada masyarakat yang telah menantikan kehadiran KA Nusa Tembini ini. Kami akan segera mengumumkannya kembali ke masyarakat terkait peluncuran KA Nusa Tembini jika kondisi sudah mulai membaik," ujar Joni katanya dalam keterangan resmi, Rabu (30/6/2021).


Bagi masyarakat yang telah membeli tiket KA Nusa Tembini, bea tiket akan dikembalikan 100%. Proses pembatalan dapat dilakukan sampai dengan H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket di seluruh stasiun yang melayani penjualan tiket, baik KA Jarak Jauh maupun KA Lokal.

"Masyarakat yang telah membeli tiket tersebut juga akan dihubungi oleh Contact Center 121 terkait proses pembatalan tiketnya," ujar Joni.

Untuk sementara waktu, masyarakat yang ingin bepergian pada rute Cilacap - Yogyakarta pp masih dapat menggunakan KA Wijayakusuma yang memiliki rute Cilacap - Ketapang pp.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading