Jokowi Juga 'Ngebut' di Rel, Ini Proyek Kereta Tuntas di 2022

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
08 June 2022 19:35
Peralatan untuk kebutuhan sistem persinyalan (signaling), komunikasi dan informasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah tiba di Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok pada akhir Mei lalu. Peralatan-peralatan yang tiba itu adalah bagian dari control system pada proyek KCJB. (Dok: KCIC)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah juga melakukan percepatan tak hanya di proyek tol tapi juga rel kereta api. Direktur Jenderal Perekertaapian Zulfikri Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan setidaknya ada beberapa proyek kereta yang akan selesai pada tahun ini di wilayah Pulau Jawa maupun luar Jawa


"Jadi yang akan selesai itu Solo - Jebres, lalu Makassar - Parepare, lalu sebagian double track Bogor - Sukabumi, juga  Kiaracondong - Cicalengka," kata Zulfikri kepada wartawan, Rabu (8/9/20220.

Zulfikri menjelaskan proyek kereta Api Makassar - Parepare itu akan beroperasi sebagian pada bulan Oktober 2022 ini, untuk melayani penumpang kereta sebanyak tiga kabupaten.

"Kita harapkan tahap I Oktober bisa melayani kereta penumpang dari Kabupaten Maros, Kabuptan Tangkep, hingga Kabupaten Barru," jelasnya.

Jalur kereta api Makassar - Parepare merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan panjang mencapai 71 kilometer yang akan melalui 8 yang sudah melayani penumpang pada Oktober 2022.

Secara keseluruhan proyek kereta api Makassar - Parepare ini memiliki panjang 144 kilometer yang merupakan bagian dari jaringan kereta api trans sulawesi. Dimana nantinya akan menghubungkan seluruh pulau Sulawesi.

Sementara untuk proyek lainnya, elektrifikasi Solo Balapan - Palur selesai di Juli 2022 sepanjang 6,2 kilometer. lalu pengoperasian jalur ganda Bogor - Sukabumi sepanjang 26,8 kilometer yang sudah di reaktivasi pada April lalu. Begitu juga pada ruas - Cicalengka tahap 1 dan 2 sepanjang 22,17 kilometer. Meski Zulfikri belum membeberkan detail kapan pastinya proyek ini akan selesai.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mulai Hari Ini Naik Kereta Bebas Syarat PCR & Antigen! Tapi..


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading