Sempat Cerai, AirAsia Bakal Rujuk Lagi dengan Traveloka Cs?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 June 2019 18:15
AirAsia mengaku belum melakukan pembicaraan lagi dengan para Online Travel Agent (OTA) soal penjualan tiket.
Jakarta, CNBC Indonesia - Hilangnya ketersediaan penjualan tiket di sejumlah platform seperti Traveloka dan Tiket.com, dan PegiPegi sempat ramai diperbincangkan. AirAsia Indonesia tak lagi menjalin kerja sama dengan beberapa platform penjualan tiket online tersebut.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, mengakui bahwa pihaknya sempat mengalami masalah terkait hal ini. Namun, kisah antara AirAsia Indonesia dengan pihak ketiga itu merupakan cerita lama.

"Saya rasa itu sudah cerita lama, sudah clear saya rasa. Memang waktu itu ada sedikit [masalah]. Namanya bisnis, B to B antara kami dengan platform tersebut, memang tidak terjadi kecocokan," ujarnya di Jakarta, Senin (24/6/2019).



Di sisi lain, Dendy mengaku juga punya kepentingan untuk melindungi kebutuhan calon pelanggan. Menurutnya yang terpenting saat ini adalah edukasi.
"Calon penumpang kami harus diberikan edukasi bahwa kami memang sudah tidak tersedia di platform tersebut," tegasnya.

Ia bahkan menyebut, calon penumpang AirAsia Indonesia hanya akan membuang waktu jika mencari tiket lewat sejumlah platform tersebut. Pasalnya, sudah pasti tidak akan menemukan penjualan tiket AirAsia.

"Kalau tidak ketemu nanti asumsinya bisa dipikir bahwa oh tiket AirAsia sudah penuh, sudah sold out, habis dan sebagainya. Mendingan kami berikan edukasi langsung ke mereka bahwa kami tidak tersedia di platform tersebut. silakan langsung ke airasia.com," urainya.

Namun, AirAsia Indonesia tidak menutup kemungkinan kembali menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk penjualan tiket.

"Online platform ini adalah mitra kami yang sangat penting dan sangat strategis. Bagaimana pun mereka juga adalah triple agent, cuma bentuknya adalah online bukan offline."



"Selama memang ada pihak-pihak ketiga, stakeholder, sahabat kami yang memberikan kontribusi untuk membantu penjualan kami, kenapa tidak selama itu saling menguntungkan. Tapi memang sekarang kami belum ada pembicaraan lagi. Kami selalu menganggap mereka partner yang strategis," katanya.



(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading