Drama Hilangnya Tiket dan Putus Hubungan AirAsia & Traveloka

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
05 March 2019 - 11:03
Drama Hilangnya Tiket dan Putus Hubungan AirAsia & Traveloka
Jakarta, CNBC Indonesia - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) menyatakan menghentikan penjualan tiket lewat online travel agency (OTA) Traveloka. Hal itu disampaikan CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan dalam jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Senin (4/3/2019).

"Ini didasari atas kekecewaan kami terhadap Traveloka," tegasnya.

Dendy memaparkan kekecewaan pertama terjadi pada 14 Februari-17 Februari 2019, saat tiket AirAsia sempat hilang dari laman hasil pencarian Traveloka tanpa ada penjelasan resmi.


"Kami cukup bersabar menunggu pernyataan resmi tapi tidak ada sedikitpun pernyataan dari Traveloka tentang hilangnya flight kami di Traveloka," katanya.



Pada 2 Maret lalu, pihak AirAsia kembali dirugikan. Ini karena tiket penerbangan AirAsia kembali tidak terjual di Traveloka. Untuk itu, Dendy mengaku pihaknya sudah mengirim surat sebanyak 5 kali ke Traveloka namun tidak menerima jawaban.

"Sudah ada 5 e-mail tapi belum ada balasan, cintanya bertepuk sebelah tangan. Kita bingung sebetulnya ada apa, kenapa sampai seperti itu?," keluhnya.

Menurutnya, indikasi pada tanggal 2 Maret tersebut sudah di-email dan juga ditindaklanjuti tim penjualan, tapi sampai Minggu (3/3/2019) malam tak ada jawaban juga.

"Ini mencederai hubungan bisnis yang terjalin dengan Traveloka. Kami sangat menyesalkan. Atas dasar itulah, per hari ini efektif kami suspend semua penjualan penerbangan AirAsia Group di enam negara untuk cabut dari Traveloka," tegasnya.



Pihak Traveloka pun akhirnya angkat bicara. PR Director Traveloka Sufintri Rahayu menyayangkan keputusan AirAsia Indonesia untuk menarik penjualan tiket di platform Traveloka.

"Sebagai perusahaan teknologi di bidang travel dan lifestyle terbesar di Asia Tenggara, kami sangat memprioritaskan kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh stakeholder kami termasuk para mitra," ujar Sufintri Rahayu melalui keterangan resmi, Senin (4/3/2019) sore.

Sufintri menambahkan, pada saat bersamaan Traveloka telah meminta waktu untuk berdialog dengan AirAsia sejak akhir pekan ini agar mendapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

"Sebagai komitmen Traveloka dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, saat ini kami terus berupaya agar pelanggan dapat kembali menikmati pilihan maskapai yang selama ini tersedia," jelasnya.

Simak video terkait polemik AirAsia dan Traveloka di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading