Tiket AirAsia Kembali 'Hilang' di Traveloka dan Tiket.com

News - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
04 March 2019 12:33
Tiket maskapai PT AirAsia Indonesia Tbk kembali tidak ditemukan pada situs booking online Traveloka dan Tiket.com.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tiket maskapai PT AirAsia Indonesia Tbk kembali tidak ditemukan pada situs booking online Traveloka dan Tiket.com.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia, Senin (4/3/2019), tiket yang tersaji di dua situs tersebut di antaranya hanya Lion Air, Batik Air, Citilink, sampai Garuda Indonesia. Sayangnya tidak ada tiket AirAsia di kedua situs tersebut.

Baskoro Adiwiyono saat dihubungi tak menampik hal tersebut. AirAsia bakal menggelar konferensi pers terkait hal tersebut.


"Nanti kami akan menggelar konferensi pers pada 14.30 WIB. Rencananya Pak Dendy (CEO AirAsia) akan memberikan statemen terkait hal ini," papar Baskoro.
Tiket AirAsia Kembali 'Hilang' di Traveloka dan Tiket.comFoto: REUTERS/Charles Platiau

Sebelumnya, Manajemen AirAsia Indonesia menegaskan bahwa perkembangan industri penerbangan dalam beberapa bulan terakhir ini memicu banyak kejadian yang luar biasa. Bahkan ada indikasi menuju persaingan yang tidak sehat sehingga pelanggan yang jadi korban.

Pernyataan ini dikemukakan Direktur Niaga AirAsia Indonesia Rifai Taberi dalam catatannya di akun Facebook pribadinya, pada Minggu 17 Februari lalu, menanggapi sempat hilangnya pencarian tiket AirAsia di agen perjalanan daring (online travel agent), seperti Traveloka dan Tiket.com sejak pekan lalu.

Mantan Head of Ancillary AirAsia Indonesia ini juga menyatakan bahwa upaya menutup kanal distribusi tiket penerbangan tidak akan bisa membunuh kompetitor. Upaya melarang agen tiket online untuk menjual produk milik kompetitor juga dinilai bukan menjadi solusi.

Pada Senin ini, (18/2/2019), dalam statusnya di Facebook, Rifai mengatakan persoalan yang sempat ramai tersebut sudah selesai. Head of Communication AirAsia Baskoro Adiwiyono juga menambahkan tiket AirAsia sudah tersedia kembali di OTA.




"Saat ini tiket kami sudah tersedia kembali di OTA. Alhamdulillah, sudah kembali ke jalan yang benar," kata Baskoro lewat pesannya kepada CNBC Indonesia, Senin (18/2/2019).

Pada Minggu, 17 Februari, kepada kantor berita Antara, Rifai mengatakan pihaknya mengindikasikan adanya intervensi oleh kompetitor kepada OTA. "Kami melihat adanya indikasi, adanya perintah yang memberikan tekanan kepada OTA," kata Rifai.

Simak Video Dirut Garuda Bicara Penurunan Harga Tiket Tidak Bebani Kinerja:
[Gambas:Video CNBC]





(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading