Michel Platini Ditangkap Gara-gara Piala Dunia Qatar 2022

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
18 June 2019 16:57
Legenda sepak bola asal Prancis, Michel Platini, ditahan pada Selasa (18/6/2019) pagi di negaranya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Legenda sepak bola asal Prancis, Michel Platini, ditangkap pada Selasa (18/6/2019) pagi di negaranya. Penangkapan itu adalah bagian dari penyelidikan korupsi terkait penetapan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Hal itu disampaikan seorang juru bicara jaksa keuangan Prancis kepada CNN.

Michel Platini Ditangkap Gara-gara Piala Dunia Qatar 2022Foto: Michel Platini (Foto: REUTERS/Eric Gaillard/REUTERS)

Mantan bos asosiasi sepak bola Eropa UEFA itu tengah dikenakan larangan berkecimpung di olahraga tersebut selama empat tahun sejak 2015, terkait pembayaran sekitar lebih dari US$ 2 juta yang ia terima dari FIFA.


Ia dibawa untuk ditanyai namun belum ditahan atau dikenakan tuduhan pidana, kata juru bicara itu, dilansir dari CNN.

Situasi terbaru ini kembali membangkitkan pertanyaan mengenai keputusan kontroversial FIFA menetapkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Negara kecil nan kaya di Timur Tengah itu kekurangan tidak hanya infrastruktur namun juga tradisi olahraga dibandingkan negara-negara tuan rumah sebelumnya.


Pihak organizer dari Qatar telah membantah dugaan berbuat curang dalam proses pengajuan tersebut.

Embusan kabar mengenai kecurangan dalam penetapan tersebut telah terdengar sejak negara itu ditunjuk sebagai tuan rumah pada 2010. Dugaan itu makin mengemuka setelah Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) meluncurkan dakwaan pemerasan, penipuan, dan pencucian uang terhadap beberapa tokoh senior FIFA di 2015.

Berbagai pihak menyuarakan kekhawatiran terkait suhu udara negara tersebut dan membuat FIFA memindahkan jadwal kompetisi ke musim dingin untuk kali pertama dalam sejarah. Berbagai lembaga juga menyoroti rekam jejak hak asasi pemerintah Qatar dan kesejahteraan para pekerja yang mempersiapkan stadion untuk Piala Dunia.

Meski begitu, seruan untuk memindahkan kompetisi ke negara lain telah ditepis. Piala Dunia pertama yang digelar di Timur Tengah itu akan berlangsung mulai 21 November hingga 18 Desember 2022 di delapan lokasi di Qatar.
(wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading