Edisi Khusus Weekend

Pilih Sekolah Swasta untuk Buah Hati? Cermati Hal Ini

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
16 June 2019 17:58
Pilih Sekolah Swasta untuk Buah Hati? Cermati Hal Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Saat anak bersiap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, peran orang tua tentu sangat dibutuhkan untuk membantu memilih sekolah baru yang akan dituju.

Berbagai hal mendasar seperti keinginan dan kemampuan anak, jarak sekolah dari rumah, atau biaya yang dibutuhkan harus dipertimbangkan orang tua.

Selain itu, ada juga beberapa indikator yang perlu diketahui dan diselidiki orang tua dalam menilai dan menentukan sekolah mana yang berkualitas. Tapi sebelumnya, Pengamat pendidikan Indra Charimiadji mengatakan, orang tua harus menentukan terlebih dahulu jenis sekolah apa yang mau dituju, apakah negeri atau swasta?


"Kalau sekolah negeri, sudah tidak ada [yang disebut dengan] sekolah terbaik lagi ya. Layanan semuanya sama," kata Indra melalui pesan singkat kepada CNBC Indonesia beberapa hari lalu.

Sementara itu, lanjutnya, setidaknya ada 3 indikator yang dapat dinilai orang tua kalau ingin memilih sekolah swasta. "Bisa dilihat dari berbagai segi, kualitas lulusan, sarana dan prasarana, Proses pembelajaran," jelasnya.

Lebih spesifik lagi, Indra menyebutkan terdapat beberapa instrumen yang bisa dipakai untuk mengukur indikator kualitas lulusan. Kali ini Indra mengambil contoh untuk sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK).

Sebagai informasi, menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 31 tahun 2014, SPK adalah satuan pendidikan yang diselenggarakan atau dikelola atas dasar kerja sama antara LPA (Lembaga Pendidikan Asing) yang terakreditasi/diakui di negaranya dengan LPI (Lembaga Pendidikan Indonesia) pada jalur formal atau nonformal yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dengan kata lain, SPK bisa juga disebut sekolah internasional atau sekolah nasional plus.

"Kalau SPK bisa lihat dari A level (Advanced Level) atau IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) atau IB (International Baccalaureate) scoring. Sisanya, dari prestasi-prestasi yang dicapai sekolah. Untuk yang diterima PTN top juga bisa sih," ungkapnya. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading