Catat! One Way Arus Balik Mudik Diberlakukan 7-10 Juni

News - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
04 June 2019 13:44
Pemerintah akan memberlakukan kebijakan satu arah (one way) saat arus balik di jalan Tol Trans Jawa mulai Jumat (7/6/2019) hingga Senin (10/6/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan memberlakukan kebijakan satu arah (one way) saat arus balik mudik di jalan Tol Trans Jawa mulai Jumat (7/6/2019) hingga Senin (10/6/2019). Kebijakan itu akan berlaku mulai pukul 12.00 siang hingga 00.00 malam hari.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi menegaskan kebijakan itu tidak akan berlaku 24 jam. Ini dilakukan guna memberi ruang kepada pengemudi bus yang juga memanfaatkan jalan tol untuk kembali ke Jakarta.

"Tidak 24 jam seperti yang kita rencanakan di awal. Kita beri ruang pengemudi bus yang memanfaatkan jalan tol kembali ke Jakarta," kata Budi di Posko Mudik Lebaran 2019 Kemenhub di Gedung Kemenhub, Selasa (4/6/2019).



Adapun kebijakan satu arah itu akan berlaku mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang Jawa Tengah, sampai Km 70 Cikampek Utara. Lepas dari Km 70-65 akan diberlakukan contra flow di beberapa titik sampai Jakarta.

"Setelah itu contra flow di beberapa titik dari Km 70-65 atau sesuai dinamika dengan pertimbangan sesuai kebutuhan," ujarnya.

Budi menegaskan tanggal mulai dan berakhirnya kebijakan satu arah berlaku situasional. Berkaca pada pengalaman sebelumnya di mana rencana kebijakan satu arah saat arus mudik yang semula akan dilakukan mulai tanggal 30 April hingga 2 Juni. Namun, karena kebutuhan kebijakan satu arah diberlakukan kembali kemarin, Senin (3/6/2019).

"Semua tergantung kebutuhan. Ini dilakukan teman-teman kepolisian bagaimana pertumbuhan kendaraan yang ada," ujarnya.


Sejalan dengan kebijakan itu, Budi meminta seluruh pihak untuk memperhatikan rest area yang ada di sepanjang jalur Tol Trans Jawa. Pasalnya, jika antrean kendaraan mengular pemudik kerap beristirahat di bahu jalan rest area.

"Rest area akan selalu jadi problem. Kita imbau masyarakat untuk balik lah dari tempat-tempat bangkitan setelah subuh. Kalau berangkat jam 4 pagi jadi selama perjalanan itu siang hari," ucapnya.

Saksikan Video Kebut Bisnis Rental Mobil

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading