Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota RI, Inggris: Kami Akan Ikut

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
17 May 2019 15:14
Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota RI, Inggris: Kami Akan Ikut
Jakarta, CNBC Indonesia - Inggris mengatakan siap memindahkan kantor kedutaan besarnya apabila ibu kota Indonesia benar-benar dipindahkan dari Jakarta.

Rencana pemindahan ibu kota ini tengah dibahas dan diproses oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Jokowi bahkan telah mengunjungi beberapa lokasi calon ibu kota di berbagai wilayah di Kalimantan.



"Kalau akhirnya pemerintah Indonesia berminat untuk memindahkan ibu kotanya ke tempat lain di luar Jawa, kalau ada keputusan begitu, kami akan mengikuti. Jadi di mana saja pemerintah Indonesia bertempat, pasti kami akan memiliki wakil di sana," kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dalam wawancaranya di acara Squawk Box CNBC Indonesia Televisi, Jumat (17/4/2019).

"Saya akan lihat bagaimana caranya, berdiskusi dengan kolega di London, apa saja yang terjadi kalau ibu kota pindah ke Kalimantan atau ke tempat lain," ujarnya.


"Kami pasti akan punya perwakilan di sana untuk memastikan hubungan dengan Indonesia begitu erat," tegas sang duta besar.

Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota RI, Inggris: Kami Akan IkutDuta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik. (Foto: Ist)

Dalam rapat kabinet terbatas akhir bulan lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan lembaga yang dipindahkan ke ibu kota baru tersebut adalah eksekutif, Kementerian/Lembaga, legislatif, dan parlemen atau MPR-DPR.

"Kemudian yudikatif seperti kehakiman, kejaksaan, MK, dan seterusnya. Termasuk TNI-Polri, serta kedutaan besar serta perwakilan organisasi internasional yang ada di Indonesia," ujar Bambang.



Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius ingin memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa.

"Kalau Anda tanya pada saya, kata beliau serius sekali. Misalnya dilantik periode kedua, mudah-mudahan akhir periode kedua nanti ibu kota sudah pindah walaupun kementerian belum semua pindah," ujarnya.


Saksikan video mengenai pemindahan ibu kota berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading