Jokowi Mau Kedubes Pindah ke Ibu Kota Baru, Belanda Siap?

News - Prima Wirayani & Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
17 May 2019 12:48
Jokowi Mau Kedubes Pindah ke Ibu Kota Baru, Belanda Siap?
Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana Presiden Joko Widodo untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke wilayah lain di luar Jawa tampaknya mulai diwujudkan. Jokowi bahkan telah meninjau langsung beberapa calon lokasi kota baru itu di berbagai wilayah di Kalimantan.

Dalam rapat kabinet terbatas akhir bulan lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan lembaga yang dipindahkan ke Kota Baru tersebut adalah eksekutif, Kementerian/Lembaga, legislatif, dan parlemen MPR-DPR.



"Kemudian yudikatif seperti kehakiman, kejaksaan, MK, dan seterusnya. Termasuk TNI-Polri, serta kedutaan besar serta perwakilan organisasi internasional yang ada di Indonesia," ujar Bambang.

Menanggapi hal itu, Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol membeberkan kesiapan pihaknya untuk memindahkan kantor kedutaan.


"Mengenai gedung kedutaan, ya jika ibu kota pindah maka gedung kedutaan akan pindah," ujarnya dalam wawancara dengan CNBC Indonesia di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Jokowi Mau Kedubes Pindah ke Ibu Kota Baru, Belanda Siap?Foto: Dubes Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol (CNBC Indonesia/Prima Wirayani)

Ia juga menyadari bahwa pemindahan ibu kota adalah proses rumit yang memerlukan waktu yang tidak sebentar.

"Tentunya ini akan memakan waktu yang lama. Saya tidak yakin berapa lama akan memakan waktu, tapi saya mendoakan kesuksesan dan yang terbaik untuk pemerintah dan rakyat Indonesia karena ini merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan," katanya.



Swartbol yang sudah menjabat sejak 2014 itu mengaku mendengar adanya kekhawatiran beberapa pihak bahwa pemindahan ibu kota itu akan membabat hutan di Kalimantan.

"Tapi jika Anda ingin memindahkan ibu kota ke Kalimantan, harap pastikan untuk tidak merusak lingkungan yang ada di sana. Saya dengar pemerintah berencana membangun konsep kota hijau, jadi itu sangat bagus," ujarnya.


Saksikan video mengenai pemindahan ibu kota berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading