Survei BI

Cabai & Bawang Bakal Bawa Inflasi Mei Sentuh 0,51%

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
17 May 2019 13:18
Cabai & Bawang Bakal Bawa Inflasi Mei Sentuh 0,51%
Jakarta, CNBC Indonesia - Tingkat inflasi berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) hingga pekan ke-3 Mei mencapai 0,51%. Secara year on year tingkat inflasi diproyeksikan bakal menyentuh 3,41% per Mei 2019.

"Inflasi di 0,51% ini sesuai survei BI cukup rendah dalam bulan Ramadan. Dari pola historis biasanya mencapai 1%. Beberapa barang naik seperti cabai merah, bawang putih, daging ayam, telur," papar Gubernur BI Perry Warjiyo di Kompleks BI, Jumat (17/5/2019).

Menurut Perry, ada juga barang yang mengalami penurunan harga atau deflasi seperti bawang merah, beras, tomat, dan sayuran.


Sementara, dari sisi angkutan udara tercatat memberikan kontribusi ke inflasi hingga 1,04%. "Angka proyeksi tersebut sudah turun atau lebih rendah dari 2,27% di April 2019," tutur Perry.

Dalam RDG hari sebelumnya, Perry mengungkapkan BI bakal tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna memastikan inflasi tetap rendah dan stabil yang diprakirakan berada di bawah titik tengah kisaran sasaran inflasi 3,5±1% pada 2019.

"Koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait juga ditempuh dalam mengendalikan inflasi pada bulan suci Ramadan dan hari raya Idulfitri 1440H."





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading