Pemerintah Dorong Mobil Listrik, Siapa Saja Produsennya?

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
11 May 2019 17:13
Pemerintah Dorong Mobil Listrik, Siapa Saja Produsennya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah pemerintah mematangkan peraturan dan insentif terkait kendaraan listrik, kini sejumlah pelaku industri otomotif di Indonesia siap untuk menjadi pemasok.

Sebut saja, Toyota Motor Indonesia, Mitsubishi Indonesia, BYD Company, Astra Honda Motor, dan Wuling Motors Indonesia telah melakukan proyek percontohan untuk kendaraan listrik.


"Jika mereka melakukan prototyping dan proyek percontohan, itu berarti mereka berkomitmen untuk investasi lebih lanjut," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melalui keterangan resminya, Sabtu (11/5/2019).


Menurut Airlangga, pengembangan itu tergantung pada hasil prototipe dan kesuksesan investasi mereka di pasar domestik. "Beberapa dari mereka akan melakukan pre-marketing project, karena EV harganya 30-50 persen lebih mahal dari kendaraan mesin konvensional atau Internal Combustion Engine (ICE)," tuturnya.

Mengenai pengembangan kendaraan listrik ini, akan ada juga pemain dari China, BYD yang minat berinvestasi di Tanah Air. Rencananya, BYD bakal melakukan pilot project di bidang commercial vehicles seperti bus. Namun, kata Airlangga, hal itu tergantung dari pasarnya.

"Kalau produsen lain, seperti Wuling dan DFSK sudah punya fasilitas sehingga lebih mudah bagi mereka untuk investasi di kendaraan listrik ini," imbuhnya.

Pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, akan menjadi peluang besar karena industri otomotif di dalam negeri telah memiliki struktur manufaktur yang dalam, mulai dari hulu sampai hilir. Misalnya, lanjut Airlangga, Indonesia sudah punya bahan baku seperti baja, plastik, kaca, ban, hingga engine yang diproduksi di dalam negeri.

"Lokal konten rata-rata di atas 80%. Hal ini yang menjadi andalan ekspor kita," ujarnya.

Di samping itu, potensi industri otomotif di Indonesia cukup besar, dengan jumlah produksi mobil yang mencapai 1,34 juta unit atau senilai US$ 13,76 miliar sepanjang 2018. Saat ini, empat perusahaan otomotif besar telah menjadikan Indonesia sebagai rantai pasok global, bahkan, telah memiliki ekosistem yang menyerap banyak tenaga kerja, hingga lebih dari satu juta orang.


Pemerintah Dorong Mobil Listrik, Siapa Saja Produsennya?Foto: Aristya Rahadian Krisabella
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading