Wow! TransJakarta Siap Luncurkan Armada Bus Listrik

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 May 2019 12:18
Wow! TransJakarta Siap Luncurkan Armada Bus Listrik
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengenalkan tiga unit bus bertenaga listrik yang dipamerkan di acara Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Dua bus di antaranya merupakan bus listrik pabrikan BYD yang bermarkas di Shenzen, China sedangkan satu unit bus listrik buatan dalam negeri, PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Wow! TransJakarta Luncurkan Bus ListrikFoto: Bus Listrik TransJakarta dipamerkan, Minggu (5/5/2019). (Foto: CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)

Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono menjelaskan dipamerkannya tiga unit bus bertenaga listrik itu untuk mengenalkan masyarakat kendaraan yang ramah lingkungan.


"Tujuannya adalah untuk masyarakat bisa tahu, bisa melihat langsung bus listrik ini seperti apa, untuk membuat masyarakat merasa bahwa bus listrik ini memang sesuatu yang aman, bersih, dan mereka menyadari masa depan akan hadir di depan kita," kata Agung kepada wartawan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (5/4/2019).


Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, banyak masyarakat yang tertarik menjajal bus yang terparkir di Jalan Imam Bonjol tersebut selain berswafoto di dekat armada tersebut. Mereka juga mencoba duduk di dalam kursi bus listrik itu, bahkan tidak sedikit yang duduk di bangku sopir sembari mengabadikan momen itu di gawainya masing-masing.

Agung mengatakan nantinya ketiga bus ini akan diuji coba dalam waktu dekat. Saat ini, kata Agung, ketiganya sedang dalam tahapan pra uji coba sembari menanti proses perizinan dan keluarnya Surat Tanda Nomor Kendaraan. Pra uji coba itu akan dilakukan di kawasan Monas.

Wow! TransJakarta Luncurkan Bus ListrikFoto: Bus Listrik TransJakarta dipamerkan, Minggu (5/5/2019). (Foto: CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)

"Jadi pada waktu liburan sekolah anak-anak bisa nyobain di Monas," tambah Agung.

Kendaraan listrik itu akan diujicobakan untuk melayani rute koridor 1 Blok M - Kota dan koridor VI Ragunan-Dukuh Atas.

"Enam bulan jalan nanti kita cek, evaluasi, dan kita perbanyak dengan operasional yang lebih luas," tandasnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading