Jawab Nih, Jokowi Bikin Kuis: Ibu Kota RI Sebaiknya di Mana?

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
30 April 2019 11:49
Jawab Nih, Jokowi Bikin Kuis: Ibu Kota RI Sebaiknya di Mana?
Jakarta, CNBC Indonesia - Isu soal pemindahan ibu kota Indonesia kembali merebak sejak kemarin, apalagi setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas bersama menteri kabinet kerja untuk mematangkan rencana ini di kantornya.

Hasil rapat sampai kemarin masih berupa usulan-usulan dan kajian. Hari ini, Jokowi kembali melempar isu perpindahan ibu kota dengan membuat kuis di akun instagramnya.

[Gambas:Video CNBC]




Ia menulis di akunnya, bahwa DKI Jakarta saat ini memikul dua beban sekaligus yakni sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga sebagai pusat bisnis.

"Apakah di masa depan kota ini masih mampu memikul beban itu?" tanyanya, Selasa (30/4/2019).

Ia melanjutkan, banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain.

"Di Indonesia gagasan memindahkan ibu kota juga sudah muncul sejak era Presiden Sukarno dan selalu menjadi wacana di setiap era presiden, tidak pernah diputuskan dan dijakankan secara terencana dan matang."

Kemarin, katanya, ia menggelar rapat soal pemindahan ibu kota negara. Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju.

Jokowi Bikin Kuis: Foto: Instagram: Joko Widodo


"Pemindahan ibu kota adalah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung."

Untuk itu, Jokowi pun bertanya ke warga net. "Di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?"

Sejak melemparkan kuis ini sekitar jam 9 pagi tadi, sampai saat ini Jokowi sudah mendapat 25 ribu respons dari netizen. Mulai dari jawaban yang serius, sampai yang jenaka.

Bukan cuma warga biasa, kalangan selebritis juga ikut berkomentar. Salah satunya adalah penyanyi dangdut Inul Daratista. "Kalimantan deh Pak hehehee," tulisnya, ikutan nimbrung di kolom komentar.

Sementara akun @amiliadewi1 menulis; "Di luar pulau Jawa, Pak, biarkan saudara-saudara kita di lain pulau juga menikmati pembangunan. Yang masyarakatnya majemuk tanpa ada unsur diskriminatif dan rasisme," tulisnya.

Tapi ada juga akun @dantoadityo yang menjawab dengan jenaka. "Plis jangan di kalimantan, denger namanya aja sedih karena keinget kenangan mantan."

Jadi, Anda pilih yang mana? (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading