PGN Incar Produksi Blok Gas Raksasa RI

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
29 April 2019 10:48
PGN Incar Produksi Blok Gas Raksasa RI
Jakarta, CNBC Indonesia- Setelah menemukan cadangan di Blok Sakakemang, di Sumatra Selatan, Repsol menargetkan produksi pertama minyak dan gas (migas) di blok tersebut bisa dilakukan dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun ke depan.

Blok Sakakemang menjadi salah satu temuan migas terbesar di dunia selama periode 2018-2019. Dengan cadangan terbukti gas bumi mencapai sekitar 2 triliun kaki kubik (tcf), temuan Repsol ini juga menjadi yang terbesar di Indonesia selama 18 tahun terakhir. 




Apakah temuan gas ini menarik minat PGN? Direktur Utama PGN Gigih Prakoso menuturkan, pihaknya akan membantu dan mendukung Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) dalam pengembangan blok Sakakemang.

Ia mengakui, jika nanti sudah bisa dikomersilkan, tentu pihaknya akan senang hati apabila dimungkinkan mengambil pasokan dari blok tersebut.

"Jadi, alternatif pasokan tidak hanya dari blok Corridor saja, tapi dari Sakakemang juga," tutur Gigih ketika ditemui di Jakarta, Senin (29/4/2019).

"Ke depan, kalau ada penurunan produksi dari Corridor, bisa dikompensasi dari Sakakemang," tambah Gigih.


Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, pemerintah akan memberi dukungan berupa proses persetujuan plan of development (POD) yang cepat dan juga dukungan administratif lain yang memungkinan target Repsol tercapai. Langkah ini dilakukan pemerintah untuk memastikan bahwa proses eksplorasi dan produksi migas di Indonesia, khususnya dari blok Sakakemang berjalan cepat.

PGN Incar Produksi Blok Gas Raksasa RI Foto: Infografis/Sakakemang Calon Blok Gas Raksasa RI/Arie Pratama


Menurut Arcandra percepatan produksi gas di blok Sakakemang akan semakin memperkuat neraca gas di Indonesia. Apalagi secara geografis lokasi Sakakemang berdekatan dengan blok Corridor yang sudah matang infrastrukturnya, sehingga dimungkinkan untuk optimalisasi infrastruktur yang sudah ada untuk mendukung produksi di Sakakemang.

"Pemerintah akan terus berupaya, melakukan inisatif-inisiatif yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi gas nasional. Sehingga kekhawatiran bahwa Indonesia akan impor gas bumi dalam beberapa tahun ke depan tidak terbukti," tegas Wakil Komisaris Utama Pertamina ini.

[Gambas:Video CNBC] (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading