Trump: Presiden China Akan Segera Kunjungi AS

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 April 2019 12:04
Trump: Presiden China Akan Segera Kunjungi AS
Washington, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Kamis (25/4/2019), mengatakan dirinya akan segera menjamu Presiden China Xi Jinping di Gedung Putih.

Di sana mereka akan mempersiapkan kemungkinan lahirnya kesepakatan dagang antara dua ekonomi terbesar dunia itu.



Sebelumnya, Selasa, Gedung Putih mengatakan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer akan melakukan perjalanan ke Beijing untuk mengadakan pembicaraan tambahan tentang masalah perdagangan yang telah menyebabkan perang tarif antara kedua negara.


Wakil Perdana Menteri China Liu He, yang akan memimpin perundingan di Beijing untuk China, juga akan melakukan perjalanan ke Washington untuk mengadakan diskusi lanjutan mulai 8 Mei, katanya, mengutip Reuters.

Trump: Presiden China Akan Segera Kunjungi ASFoto: Presiden AS Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping menghadiri jamuan makan malam setelah pertemuan pemimpin G20 di Buenos Aires, Argentina 1 Desember 2018. REUTERS / Kevin Lamarque

"Materi diskusi minggu depan akan membahas masalah perdagangan termasuk kekayaan intelektual, transfer teknologi paksa, hambatan non-tarif, pertanian, jasa, pembelian, dan penegakan hukum," kata Gedung Putih.

China dan AS sedang berupaya membuat kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang yang telah menelan biaya miliaran dolar, mengganggu rantai pasokan dan mengguncang pasar keuangan.



Trump mengatakan dia berharap akan menyelesaikan kesepakatan dalam pertemuan dengan Xi nanti.

Namun, CNBC International melaporkan bahwa staf Trump mengaku belum mengetahui rencana pertemuan tersebut. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading