Internasional

AS-China Berunding Lagi Akhir April, Apa Saja yang Dibahas?

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
24 April 2019 08:51
AS-China Berunding Lagi Akhir April, Apa Saja yang Dibahas?
Jakarta, CNBC Indonesia - Delegasi Amerika Serikat (AS) dan China akan melanjutkan perundingan dagang mereka 30 April mendatang di Beijing.

Dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (23/4/2019) malam waktu setempat atau Rabu pagi waktu Indonesia, Gedung Putih mengatakan Perwakilan Dagang Amerika Serikat Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan memimpin delegasi tersebut.



Lantas, isu apa saja yang akan dibicarakan dalam perundingan putaran kesekian itu? Ternyata topik diskusi masih belum beranjak dari beberapa masalah alot yang membelit kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu.


"Materi pembicaraan pekan depan akan mencakup isu-isu perdagangan termasuk hak kekayaan intelektual, alih teknologi paksa, halangan non-tarif, pertanian, jasa, pembelian, dan penegakan hukum," menurut pernyataan itu.

AS-China Berunding Lagi Akhir April, Apa Saja yang Dibahas?Foto: Wakil Perdana Menteri China Liu He (kiri) bersama Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin (kanan) dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer (tengah) di Guesthouse Negara Bagian Diaoyutai di Beijing (29/3/2019). (Nicolas Asfouri / Pool via REUTERS)

AS dan China telah sepakat melakukan gencatan senjata perang dagang awal Desember tahun lalu setelah saling mengenakan bea impor terhadap berbagai produk senilai ratusan miliar dolar.

Negeri Paman Sam memang ngotot agar China mengubah praktik perdagangan yang disebutnya tidak adil dan memaksa perusahaan AS untuk mengalihkan teknologi dan rahasia dagang kepada perusahaan dalam negeri agar dapat berbisnis di China.



China sendiri telah berulang kali menegaskan komitmennya untuk melindungi kekayaan intelektual di dalam negeri.

Dalam putaran negosiasi terbaru itu, delegasi China akan dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He.

Putaran diskusi itu akan dilanjutkan dengan kunjungan Liu ke Washington untuk melanjutkan diskusi pada 8 Mei mendatang, tulis Gedung Putih.


Saksikan video mengenai gencatan senjata perang dagang AS-China berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading