Pemilu 2019

Minat Jadi Menko Perekonomian Lagi, Pak Darmin?

News - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
17 April 2019 15:12
Minat Jadi Menko Perekonomian Lagi, Pak Darmin?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintahan era Joko Widodo dan wakilnya Jusuf Kalla segera berakhir. Begitu pula dengan masa kerja kabinetnya.

Begitu pula dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, yang masa jabatannya sebentar lagi akan berakhir.

Namun, ketika ditanya awak media apakah Darmin akan memilih pensiun atau kembali mengabdi pada negara, pria yang juga mantan Gubernur Bank Indonesia pada tahun 2010 - 2013 tersebut enggan menjawab.


Ia hanya tersenyum dan mengaku akan fokus menyelesaikan sisa masa kerjanya saat ini.   

"Ah itu, kita selesaikan saja dulu pemerintahan ini baru kamu [awak media] tanya lagi, jangan sekarang," ujarnya di daerah Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Sebagai informasi, pengabdian Darmin untuk negara sudah cukup lama.

Berdasarkan informasi dalam laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, pria kelahiran Tapanuli, Sumatera Utara, pada 21 Desember 1948 tersebut, berusia 67 tahun saat diminta Jokowi menjadi Menko Ekonomi, pada tahun 2015 silam. Saat itu, Darmin menggantikan Sofyan Djalil.

Namun jauh sebelum itu, kiprah dan pengabdian Darmin pada Indonesia memang patut diacungi jempol.

Ia pernah menjabat sebagai Ketua Bapepam dan Lembaga Keuangan pada tahun 2005 - 2006. Ia juga pernah menjadi Direktur Jenderal Pajak pada tahun 2006 - 2009.

Kemudian, Darmin juga pernah menjadi Deputi Senior Gubernur Bank Indonesia dan sempat menjadi Penjabat Pelaksana Tugas Harian Gubernur Bank Indonesia, sebelum akhirnya menjadi Gubernur Bank Indonesia periode 2010-2013.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading