Karena Boeing 737 Max, Maskapai Ini Batalkan 115 Flight/Hari

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
15 April 2019 13:54
Karena Boeing 737 Max, Maskapai Ini Batalkan 115 Flight/Hari
Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai asal Amerika Serikat (AS) American Airlines, Minggu (15/4/2019), mengumumkan bahwa perusahaan akan membatalkan sekitar 115 penerbangan per hari dalam beberapa bulan ke depan.

Hal ini karena armada pesawat Boeing 737 Max milik maskapai masih akan dilarang terbang hingga 19 Agustus mendatang.



Maskapai penerbangan terkemuka Amerika tersebut sebelumnya telah merencanakan grounded itu sampai sampai 5 Juni saja setelah 157 orang meninggal dalam kecelakaan Ethiopian Airlines yang melibatkan 737 Max pada 10 Maret.


Itu adalah kecelakaan mematikan kedua yang melibatkan tipe pesawat yang sama dalam kurun waktu lima bulan setelah kecelakaan pertama menimpa pesawat Lion Air di Laut Jawa.

Karena Boeing 737 Max, Maskapai Ini Batalkan 115 Flight/HariFoto: Infografis/Boeing 737 max 8 Dilarang Terbang/Edward Ricardo

Seluruh armada pesawat 737 Max di seluruh dunia telah dilarang terbang sejak pertengahan Maret.

"115 penerbangan ini mewakili sekitar 1,5% dari total jumlah penerbangan American Airlines setiap harinya pada musim panas ini," kata chairman dan CEO American Airlines Doug Parker dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP, Senin.

Tapi secara keseluruhan dia menekankan kepercayaannya pada pesawat tersebut.



"Berdasarkan pada pekerjaan kami yang sedang berlangsung dengan Federal Aviation Administration (FAA) dan Boeing, kami sangat yakin bahwa Max akan disertifikasi ulang sebelum waktu ini (19 Agustus)," katanya.

"Setelah Max disertifikasi ulang, kami akan menjadikan pesawat Max kami kembali sebagai cadangan untuk melengkapi operasi kami sesuai kebutuhan selama musim panas."


Saksikan video mengenai grounded pesawat Boeing 737 Max berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading