Grab, Mandiri, sampai ASEAN Jadi Nama Stasiun MRT Jakarta

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
11 April 2019 08:28
Grab, Mandiri, sampai ASEAN Jadi Nama Stasiun MRT Jakarta
Jakarta, CNBC Indonesia - Penamaan stasiun menjadi salah satu lahan bisnis Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Sejauh ini, sudah lima nama 'terjual' untuk dicantumkan sebagai nama stasiun MRT di sejumlah titik.

Dikutip dari website resmi MRT Jakarta, Kamis (11/4/2019), naming rights adalah sebuah skema bisnis inovatif di mana kemitraan dibentuk antara MRT Jakarta dengan perusahaan-perusahaan terpilih dalam hal perolehan hak atas nama stasiun stasiun MRT Jakarta terpilih sesuai ketentuan.



Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan penamaan stasiun ini juga akan menjadi salah satu sumber pendapatan perusahaan di luar penjualan tiket.


"Ini hal yang baru, karena kita lihat potensinya besar di situ," tuturnya dalam beberapa kali kesempatan.

Adapun naming rights yang telah disepakati, yakni Stasiun Dukuh Atas BNI, Setiabudi Astra, Istora Mandiri, Sisingamangaraja ASEAN, dan Lebak Bulus Grab. Khusus untuk penanaman Stasiun Sisingamangaraja ASEAN, MRT Jakarta memberikannya secara gratis.

Grab, Mandiri, sampai ASEAN Jadi Nama Stasiun MRT JakartaFoto: Infografis/Tarif Mrt Jakarta/Edward Ricardo

Bisnis naming rights telah diterapkan di metro-metro terbaru dunia, misalnya Dubai Metro, Chicago Metro, Metro Boston, London Underground, Delhi-Gurgaon, Philadelphia Subway, Métro de Montréal, dan lain-lain.

Bisnis naming rights di MRT Jakarta dibentuk selama periode 10 tahun di mana perusahaan-perusahaan terpilih memperoleh hak untuk menggunakan nama merek di jaringan rambu atau marka penunjuk arah dan rambu nama stasiun di stasiun-stasiun yang terpilih sesuai dengan ketentuan.



Sebagai informasi, untuk proyek fase 1 ini terdapat 13 stasiun yang terdiri dari 7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah, antara lain:

1. Stasiun Lebak Bulus
2. Stasiun Fatmawati
3. Stasiun Cipete Raya
4. Stasiun Haji Nawi
5. Stasiun Blok A
6. Stasiun Blok M
7. Stasiun Sisingamangaraja
8. Stasiun Senayan
9. Stasiun Istora
10. Stasiun Bendungan Hilir
11. Stasiun Setia Budi
12. Stasiun Dukuh Atas
13. Stasiun Bundaran HI


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading