4 Mal Ini Jadi Lebih Ramai, Terima Kasih MRT!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 April 2019 08:35
4 Mal Ini Jadi Lebih Ramai, Terima Kasih MRT!
Jakarta, CNBC Indonesia - Hadirnya MRT di Jakarta tidak hanya memudahkan masyarakat dalam bertransportasi saja. Sebab, pembangunan MRT juga memberikan keuntungan lain.

Seperti misalnya, perpindahan penggunaan transportasi dari kendaraan pribadi ke transportasi publik dan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM), mengurangi kemacetan, dan mengurangi polusi udara di Jakarta.

Tak sekadar itu, moda transportasi ini juga menyumbang pertumbuhan pengunjung mal disekitar stasiun MRT.


Lantas mal mana saja yang semakin ramai karena adanya MRT? Berikut adalah paparannya yang dirangkum CNBC Indonesia.

Blok M Plaza

Bila dulu dinilai sepi, tapi kini pengunjung Mal Blok M Plaza meroket, bahkan bisa mencapai hingga 100%. Bagaimana tidak, Pusat perbelanjaan Blok M Plaza terintegrasi langsung dengan stasiun modal raya terpadu (MRT) Jakarta.

Zana Aurora selaku humas Blok M Plaza mengatakan bahwa kehadiran MRT Jakarta ini sangat berdampak terhadap jumlah pengunjung Blok M Plaza. Dampak MRT bisa mendatangkan jumlah pengunjung sekitar 25.000 per hari dari sebelumnya yang hanya 15.000 per hari.

FX Sudirman

Pusat perbelanjaan FX Sudirman atau FX juga menjadi salah satu mal yang terkena dampak positif hadirnya MRT.

Yasmina Anggraini, Marketing Communication SPV FX Sudirman mengatakan bahwa jumlah pengunjung semakin memuncak setelah ada MRT. Peningkatannya pun sekitar 25 persen dan ini terjadi sejak bulan Maret lalu.

"Sejak ada MRT, FX bukan lagi tempat transit tapi juga jadi tujuan orang-orang main kesini. Traffic kita naik sebesar 25 persen sejak Maret dan ini berbeda jauh dari Februari yang hanya 4 persen," kata dia.

Plaza Indonesia

Pusat perbelanjaan kenamaan Plaza Indonesia juga menjadi mal yang ketiban durian runtuh dengan hadirnya MRT. Mal ini semakin ramai baik untuk berbelanja atau hanya sekedar transit.

Tommy Utomo, Marketing Communications & Public Relations Manager Plaza Indonesia mengatakan bahwa kenaikannya sendiri sekitar 15-20 persen. Volume pengunjung ini tentunya akan meningkat pada saat liburan atau akhir pekan.

Mal tersebut tampak ramai sejak diberlakukannya uji coba MRT atau sejak 3 minggu lalu. Hal ini pun diharapkan dapat terus meningkat.

"Ya betul traffic pengunjung ramai dan naik 15-20 persen sejak adanya MRT. Peningkatan terjadi pada saat uji coba atau 3 pekan lalu," ucap dia.

Grand Indonesia

Mal yang berada di jantung kota ini juga kecipratan untung dengan hadirnya MRT.
Dinia Widodo selaku Public Relations Manager Grand Indonesia membenarkan bahwa adanya MRT membuat Grand Indonesia lebih ramai meskipun di hari biasa.

Bila di komparasi ada kenaikan 17 persen setiap bulan nya. Sementara untuk weekdays 6 persen dibanding tahun lalu.

"Kalau compare month on month sampai 17 persen itu naik nya. Untuk weekdays nya, kita ada kenaikan 6% dibanding tahun lalu," kata dia.


Kehadiran MRT Dongkrak Sejumlah Properti Ibu Kota
[Gambas:Video CNBC]


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading